Faktor Manajerial Dan Penerimaan Pajak Reklame Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Asli Daerah (studi kasus pada Dinas Pendapatan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat)

Novianti, Weni (2011) Faktor Manajerial Dan Penerimaan Pajak Reklame Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Asli Daerah (studi kasus pada Dinas Pendapatan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan (Dispenda) Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat khususnya pada bagian pajak yaitu salah satu lembaga pemerintahan yang mengelola penerimaan daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor manajerial, untuk mengetahui penerimaan pajak reklame dan Untuk mengetahui berapa besar pengaruh faktor manajerial dan penerimaan pajak reklame pengaruhnya terhadap pendapatan asli daerah pada Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat . Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah 7 Dispenda Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat, dan populasi Dispenda Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara lansung, dokumen-dokumen, kuesioner, dan penelitian kepustakaan (Library Research). Pengujian statistik yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi parsial dan simultan, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang dibantu menggunakan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor manajerial dan penerimaan pajak reklame berpengaruh positif terhadap pendapatan asli daerah dan selama tahun 2010 melebihi target yang telah ditentukan. Nilai R Square adalah sebesar 0,791 atau 79,1%, artinya pengaruh faktor manajerial dan penerimaan pajak reklame secara simultan terhadap pendapatan asli daerah sebesar 79,1% sedangkan sisanya yaitu 20,9% merupakan pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Pada hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu faktor manajerial dan penerimaan pajak reklame secara bersma-sama berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD), dan pada uji hipotesis parsial menunjukkan bahwa faktor manajerial secara terpisah berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan penerimaan pajak reklame secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Faktor Manajerial, Pajak Reklame, dan Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18111

Actions (login required)

View Item View Item