Analisis Independensi Dan Pengalaman Eksternal Yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Audit studi kasus pada ksntor akuntan publik komisariat wilayah bandung)

Permata Indah, Ika (2011) Analisis Independensi Dan Pengalaman Eksternal Yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Audit studi kasus pada ksntor akuntan publik komisariat wilayah bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Akuntan publik merupakan auditor independen yang menyediakan jasa kepada masyarakat umum terutama dalam bidang audit atas laporan keuangan yang dibuat oleh kliennya. Tugas akuntan publik adalah memeriksa dan memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan suatu entitas usaha berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Berdasarkan hal tersebut maka akuntan publik memiliki kewajiban menjaga kualitas audit yang dihasilkannya. Terlebih dengan adanya kasus keuangan yang menimpa banyak perusahaan yang ikut melibatkan akuntan publik, membuat akuntan publik harus memperhatikan kualitas audit yang dihasilkannya. Adapun kualitas audit, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang sangat penting peranannya dalam menentukan kualitas audit tersebut diantaranya adalah independensi dan pengalaman auditor. Metode yang digunakan adalah kausal asosiatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah independensi, pengalaman auditor eksternal dan kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Komisariat Wilayah Bandung. dengan sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik sampling purposive berukuran 40 auditor eksternal. Untuk mengetahui independensi dan pengalaman auditor eksternal pengaruhnya terhadap kualitas audit maka dilakukan pengujian statistik menggunakan analisis korelasi, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan untuk menguji hipotesis maka yang digunakan adalah uji F dan uji t dengan menggunakan alat bantu SPPS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan independensi dan pengalaman auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel independensi dan pengalaman auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi dan independensi memberikan sumbangan terhadap variabel terikat (Kualitas Audit) sebesar 60,3% sedangkan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Independensi, Pengalaman Auditor Eksternal, Kualitas Audit.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18112

Actions (login required)

View Item View Item