Penerapan Data Mining Dengan metode Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanna hemat Di Rumah Makan Roso Echo Menggunakan Algoritma Fp-Growth

Lumbantoruan, Parlan (2016) Penerapan Data Mining Dengan metode Association Rule Terhadap Penyusunan Layout Makanan Dan Penentuan Paket Makanna hemat Di Rumah Makan Roso Echo Menggunakan Algoritma Fp-Growth.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah makan Roso Echo merupakan sebuah rumah makan khas jawa yang menerapkan konsep prasmanan dalam pelayanannya. Namun dalam proses penyusunan layout makanannya, rumah makan ini masih memiliki kesulitan dalam penyusunan layout makanan, dikarenakan penyusunan layout makanan masih dilakukan secara acak dan belum adanya aturan dalam penyusunan layout makanan prasmanan ini.Selain itu di rumah makan Roso Echo ini belum adanya informasi penentuan paket makanan hemat yang dapat ditawarkan kepada konsumen guna meminimalisir terjadinya antrian panjang. Data mining merupakan suatu teknik untuk menggali suatu informasi yang tersembunyi dari suatu kumpulan data. Adapun salah satu metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode association rule. Association rule merupakan salah satu teknik data mining yang berfungsi untuk menemukan hubungan antar variabel yang ada didalam suatu data transaksi. Algoritma FP-Growth termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Algoritma FP-Growth merupakan salah satu alternatif algoritma yang cukup efektif untuk mencari himpunan data yang paling sering muncul (Frequent Itemset) dalam sebuah kumpulan data yang besar. Algoritma ini dikenal juga dengan sebutan algoritma FP-Tree, dengan menggunakan struktur fp-tree algoritma fp-growth dapat langsung mengekstrak frequent itemset dari susunan fp-tree yang telah terbentuk. Untuk itulah perlu dilakukan suatu analisis menggunakan data mining guna mendapatkan informasi mengenai susunan layout makanan yang baru serta paket makanan hemat yang dapat ditawarkan. Hasil dari penelitian ini berupa suatu aplikasi yang mampu memberikan informasi kepada pihak pengelola rumah makan Roso Echo mengenai susunan layout makanan dan paket makanan hemat yang diterapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data mining, Association rule, Algoritma FP-Growth, Stuktur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item