Penerapan keamanan Sistem Informasi Dan Digital Signature Pada Sistem Informasi Pengusahaan Air Tanah Di Pusat Sumber Daya Air Tanah Dan Geologi Lingkungan Berbasis Web

Fatur Rachman, Try (2016) Penerapan keamanan Sistem Informasi Dan Digital Signature Pada Sistem Informasi Pengusahaan Air Tanah Di Pusat Sumber Daya Air Tanah Dan Geologi Lingkungan Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan memiliki sebuah sistem informasi yang digunakan untuk memudahkan masyarakat atau instansi untuk mengurus perizinan pengusahaan air tanah. Sistem informasi ini bersifat online. Selain itu, setiap aset informasi yang terdapat dalam sistem bersifat sensitif dan berbahaya jika jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab kemudian, sistem informasi ini belum pernah di evaluasi untuk keamaman aset informasi. Hasil dari sistem informasi ini adalah dokumen lembar kendali dan surat rekomendasi teknis yang berbentuk elektronik. Terdapat beberapa masalah yang terjadi, pertama keluaran dari sistem ini bersifat wajib dan mengikat, pejabat yang berwenang untuk menandatangani dokumen tidak selalu ada di kantor dan ketiga adalah surat lembar kendali dan surat rekomendasi teknis ini rawan pemalsuan. Solusi dari masalah-masalah tersebut adalah dengan menerapkan keamanan sistem informasi dan digital signature pada dokumen lembar kendali dan surat rekomendasi teknis. Dengan menggunakan metode OCTAVE Allegro sebagai alat untuk mengevaluasi keamanan sistem informasi, diharapkan keamanan sistem informasi bisa lebih terjaga. Dari 8 tahapan evaluasi, metode OCTAVE Allegro menghasilkan beberapa rekomendasi untuk berikutnya bisa di tindak lanjuti dan diimplementasikan. Kemudian solusi untuk mencegah dokumen lembar kendali dan surat rekomendasi palsu adalah dengan menerapkan teknologi digital signature. Menggunakan algoritma RSA lalu teknik hashing SHA256 dan mengikuti Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2012 sebagai acuan penerapan digital signature, dokumen lembar kendali dan surat rekomendasi teknis bisa terhindar dari ancaman pemalsuan. Dengan demikian, keamanan sistem informasi dari sisi aset ancaman yang mungkin muncul dan penerapan digital signature pada lembar kendali dan surat rekomendasi teknis bisa membuat petugas administrasi, teknis dan kepala badan geologi untuk menandatangi dokumen apanpun dan legal secara hukum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keamanan, Sistem informasi, Digital Signature, Sistem Informasi Pengusahaan Air Tanah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18120

Actions (login required)

View Item View Item