Analisis Penerapan Metode Economic Order Quantity Dan Metode Just In Time Terhadap Pengendalian Persediaan Pada PT. Sipatex Putri Lestari Bandung

Ramadhansyah, Indra (2011) Analisis Penerapan Metode Economic Order Quantity Dan Metode Just In Time Terhadap Pengendalian Persediaan Pada PT. Sipatex Putri Lestari Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. SIPATEX PUTRI LESTARI Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh EOQ dan JIT baik secara parsial maupun secara simultan terhadap pengendalian persediaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Persediaan tahunan dan Laporan Perhitungan Laba Rugi tahunan selama periode tahun 2000-2009. Metode statistik adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji klasik terlebih dahulu, Perolehan hasil analisa tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS 13.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa EOQ dan JIT secara simultan berpengaruh terhadap Pengendalian Persediaan. Model regresi yang digunakan adalah regresi berganda. Besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y dengan menggunakan perhitungan koefisien determinasi sebesar 96,0% dan sisanya sebesar 4.0% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain diluar dari EOQ dan JIT. Hasil uji hipotesis EOQ secara parsial tidak signifikan terhadap Pengendalian Persediaan karena nilai p-value lebih besar dari 0,05 atau 0,126 > 0,05, akan tetapi JIT secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Pengendalian persediaan karena nilai p-value lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 > 0,05. Dan uji hipotesis secara simultan Fhitung > Ftabel ( 108,314 > 4,737) maka H0 ditolak artinya EOQ dan JIT secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pengendalian persediaan pada PT. SIPATEX PUTRI LESTARI Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Economic Order Quantity (EOQ), Just In Time (JIT), Pengendalian Persediaan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item