Analisis Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Jasa Audit (strudi kasus pada 10 kantor akuntan publik di bandung)

Mulyawan, Edwin (2011) Analisis Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Jasa Audit (strudi kasus pada 10 kantor akuntan publik di bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam menjalankan fungsinya, seorang auditor mempunyai hak untuk mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan, untuk itu audit senior harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada audit junior dalam berinteraksi dengan staf atau pimpinan yang akan di audit tersebut. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh auditor dalam mendapatkan informasi dari audit, antara lain, mengamati proses kerja, meminta penjelasan, meminta peragaan, menelaah dokumen, memeriksa silang, mencari bukti-bukti dan melakukan survey. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi auditor eksternal, independensi auditor eksternal, untuk mengetahui kualitas jasa audit dan untuk menganalisis kompetensi dan independensi auditor eksternal Pengaruhnya terhadap kualitas jasa audit. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kompetensi auditor eksternal, independensi auditor eksternal dan kualitas audit di sepuluh Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bandung. Sampel yang di gunakan sama dengan populasi sebesar 27 auditor eksternal. Untuk mengetahui kompetensi dan independensi auditor eksternal pengaruhnya terhadap kualitas audit maka dilakukan pengujian statistik menggunakan analisis korelasi, analisis regresi, koefisien determinasi dan untuk menguji hipotesis maka yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan alat bantu SPPS 15.0 for windows. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa kompetensi auditor eksternal sudah cukup baik dan independensi auditor eksternal sudah cukup baik begitu pula dengan kualitas audit, dan hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan besarnya analisiskompetensi auditor eksternal berpengaruh terhadap kualitas jasa audit sebesar 47,0% dan sisanya sebesar 53,0% dijelaskan variabel lain di luar kompetensi dan independensi auditor eksternal pengaruhnya terhadap kualitas audit seperti partner, manajer audit, audit senior dan audit junior.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi, independensi, auditor eksternal, kualitas audit
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item