Perputaran Aktiva Tetap Dan perputaran Piutang Berpengaruh Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung

Satria Rahman Manda Manggala, Taufik (2011) Perputaran Aktiva Tetap Dan perputaran Piutang Berpengaruh Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung, juga untuk mengetahui profitabilitas (return on assets) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung dan untuk mengetahui sberapa besar pengaruh perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang terhadap profitabilitas (return on assets) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat antara perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang dengan profitabilitas (return on assets) yang berarti bahwa variabel bebas tersebut secara simultan mampu menerangkan perubahan yang terjadi pada profitabilitas sebesar 39% dan sisanya 61% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak di amati. Sedangkan secara parsial perputaran aktiva tetap berpengaruh 29,9% terhadap profitabilitas dan perputaran piutang berpengaruh 0,1% terhadap profitabilitas. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung setiap tahunnya selalu mengalami perubahan naik dan turun. Profitabilitas (return on assets) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung cenderung meningkat walaupun rata-rata masih dalam keadaan negatif. Saran yang penulis berikan adalah perusahaan sebaiknya selalu berupaya untuk terus meningkatkan perolehan laba setiap tahunnya. Peningkatan perolehan laba bisa dilakukan salah satu caranya yaitu perusahaan membuat program penghematan biaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktiva tetap, Piutang, Profitabilitas, ROA
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item View Item