Pengembangan Model Perilaku Pembelian pada Rumah Makan Cepat Saji dengan Analisa Komponen Utama dan Diskriminan

Susilo, Djakawinata (2001) Pengembangan Model Perilaku Pembelian pada Rumah Makan Cepat Saji dengan Analisa Komponen Utama dan Diskriminan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah makan cepat saji merupakan salah satu bentuk industri hybrid antara produk dan jasa yang banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Seperti jenis rumah makan lainnya, dari banyak rumah makan cepat saji ada yang ramai, tetapi ada pula yang sepi, padahal beberapa di antaranya menjual jenis makanan yang sejenis di lokasi yang berdekatan.Model perilaku dan proses pembelian konsumen rumah makan cepat saji dikembangkan untuk mempelajari apa yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih rumah makan cepat saji. Model ini tersusun atas enam tahap yaitu kesadaran akan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi, pengaruh eksternal, pembelian, perilaku setalah pembelian. Fokus perhatian dalam penelitian ini adalah delapan faktor pada model yaitu pemicu, motif, pencarian informasi, atribut rumah makan cepat saji, pengaruh orang lain, pengaruh situasional, perilaku setelah pembelian, dan karakteristik konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya variabel-variabel dominan dalam setiap faktor. Hasil analisa komponen utama tanpa rotasi menunjukkan adanya dua komponen utama yaitu komponen pelayan, pelayanan, dan atribut fisik rumah makan dan komponen promosi, yang dapat digunakan untuk mengukur persepsi konsumen tentang sebuah rumah makan cepat saji. Analisa komponen utama dengan rotasi menghasilkan sebelas komponen yang sama, merupakan perluasan, atau penggabungan tujuh bauran pemasaran (7P), yang dapat digunakan untuk mengukur persepsi konsumen tentang sebuah rumah makan cepat saji pada aspek-aspek yang lebih detil. Segmentasi konsumen berdasarkan faktor demografis menunjukkan adanya perbedaan perilaku dan preferensi antara konsumen rumah makan cepat saji yang tinggal pada kota Jakarta dan Bandung, antara konsumen dengan pekerjaan/kegiatan yang berbeda, kelompok usia yang berbeda, serta kelompok pendapatan yang berbeda.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2001
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:36
Last Modified: 16 Nov 2016 07:36
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item