Sistem Informasi Pelayanan Santri Di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Putri Beji 1 Purwokerto

Kuswati, (2011) Sistem Informasi Pelayanan Santri Di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Putri Beji 1 Purwokerto.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ikhsan Puteri Beji 1 Purwokerto adalah suatu institusi yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelengaraan pendidikan maupun hal-hal lainnya. Dalam hal ini Pondok Pesantren Al-Ikhsan Puteri sebagai sebuah institusi pendidikan menginginkan sebuah sistem yang bisa mengakomodir kebutuhan bagi kegiatan pesantren. Adapun kondisi yang terjadi pada institusi ini diantaranya yaitu Pondok Pesantren Al-Ikhsan Puteri memiliki jumlah santri yang cukup banyak yaitu sekitar 200 santri pertahun yang tinggal di asrama sehingga bagian pendaftaran seringkali mengalami kesulitan dalam mencari data kamar yang dibutuhkan. Permasalahan lain adalah dalam pembuatan laporan tunggakan pembayaran bulanan setiap santri terdapat beberapa masalah dalam pengolahannya, salah satunya pemrosesan data berlangsung cukup lama karena petugas harus memeriksa data pembayaran pada buku besar sebelum merekap. Adapun pada bagian perizinan santri, masih terdapat beberapa masalah dalam pengolahannya, antara lain data pelanggaran izin santri tidak teridentifikasi karena tidak ada pengecekan data izin setelah santri kembali dan masih sering terjadi duplikasi data. Dalam perancangan penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan (Object Oriented Analysis and Design) pengembangan menggunakan Prototype, alat yang digunakan untuk merancang sistem yaitu UML (Unified Modeling Language), dan teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan alat pengembangan aplikasi database menggunakan Microsoft SQL Server 2000 dan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic 6.0. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Santri, maka mempermudah dalam memperoleh informasi mengenai data kamar yang akan dihuni oleh santri baru, dapat diatasi kesalahan dalam proses pembuatan laporan tunggakan bulanan santri dan dapat di ketahui bagaimana agar pengolahan data perizinan santri tidak terjadi duplikasi dan dapat dengan cepat diperoleh data pelanggaran izin santri setiap bulannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi,Pelayanan, santri, Pondok Pesantren
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item