Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Untuk Meningkatkan Usability Pada Aplikasi Media Sosial Client (mikroblog) Berbasis Web

Yanti Silalahi, Sisfika (2011) Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Untuk Meningkatkan Usability Pada Aplikasi Media Sosial Client (mikroblog) Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 140 karakter dan mempublikasikannya. Peningkatan pengguna mikroblog juga dipacu dengan lahirnya website media sosial mikroblog, salah satu yang banyak digunakan saat ini adalah twitter. Namun, saat ini pengguna mikroblog tersebut merasa web twitter masih minim fitur karena hanya dapat melakukan pembaharuan dalam format teks saja. Salah satu solusi untuk masalah diatas adalah membangun aplikasi client berbasis web dengan menerapkan metode UCD. Metode UCD digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengguna dengan melakukan aktivitas UCD yaitu: kuisioner, interview, tasks modelling dan prototyping. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui batasan yang dialami pengguna saat ini misalnya: pengguna belum dapat memperpendek suatu link, mengunggah gambar, dan melakukan terjemahan. Sehingga twitter client yang dibangun tidak hanya terbatas melakukan pembaharuan dalam format text saja. Pembangunan aplikasi twitter client didukung dengan memanfaatkan API twitter (Application Programming Interface) sebagai fitur komunikasi untuk membangun client dengan sifat mikroblog tersebut sehingg dapat menambahkan layanan lain yang belum disediakan web twitter. Aplikasi twitter client juga dibangun berdasarkan prinsip-prinsip perancangan UCD yang tujuannya untuk meningkatkan usability yaitu: user familiarity, consistency, minimal surprise , recoverability, dan user guidance. Dengan demikian tingkat usability twitter client yang dibangun sesuai dengan karakteristik usability yaitu: learnibility, efficiency, satisfaction, memorability, dan errors. Aplikasi twitter client dapat diakses dengan tersedianya koneksi internet yang baik dan pengguna yang telah memiliki akun di twitter dan mengerti cara kerja twitter.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mikroblog, twitter client, API twitter, user centered design, usability.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item View Item