Strategi Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat (studio kasus kampanye wahana lingkungan hidup (walhi) Jawa Barat Mengenai Bahaya Asbes Pada Kalangan Dan Organisasi Buruh Di Jawa Barat)

Nugraha A S, Eka (2011) Strategi Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat (studio kasus kampanye wahana lingkungan hidup (walhi) Jawa Barat Mengenai Bahaya Asbes Pada Kalangan Dan Organisasi Buruh Di Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini mengangkat kasus mengenai pencemaran bahaya asbes di kalangan dan organisasi buruh, hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat sebagai komunikator atau pelaku kampanye bahaya asbes bagi kesehatan. Tipe penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif, dengan analisis yang digunakan yaitu jenis analisis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Subjek dari penelitian ini yaitu WALHI Jawa Barat serta kalangan buruh. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling adalah seseorang atau sesuatu diambil sebagai sempel karena peneliti menganggap bahwa seseorang atau sesuatu tersebut memiliki informasi yang diperlukan bagi penelitian, lalu dilanjutkan dengan wawancara, observasi dan dokumen, lalu hasil wawancara dideskripsikan berdasarkan interprestasi peneliti yang didasarkan oleh teori-teori yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat berdasarkan strategi kampanye yang dapat digunakan dalam praktik kampanye yakni mengenai menyatakan bahwa selaku komunikator memiliki keahlian dan kepercayaan, isi pesan kampanye mengenai bahaya asbes, media yang digunakan yaitu media massa berupa koran, laeflet dan brosur, dan khalayak sasaran kampanye adalah kalangan dan organisasi buruh. Kesimpulan dari hasil penelitian, dalam strategi kampanye WALHI Jawa Barat berdasarkan praktik kampanye bahwa WALHI Jawa Barat selaku komunikator memiliki keahlian dan kepercayaan, pesan yang digunakan berupa contoh-contoh peristiwa yang sedang terjadi, media yang digunakan berupa media massa, dan khalayak sasaran kampanye yaitu kalangan buruh dan organisasi buruh. Saran peneliti bagi WALHI Jawa Barat setelah melaksanakan penelitian ini bahwa khayalak menginginkan data riset mengenai orang yang telah terjangkit penyakit asbestosis tersebut berasal dari dalam Negeri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (walhi) Jawa Barat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18238

Actions (login required)

View Item View Item