Strategi Komunikasi Pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat Dalam Kegiatan Fasilitas Pembentukan Dan Pembinaan Desa Siaga Narkoba Di Ciamis

Zulkarnayen Arief, Farifki (2011) Strategi Komunikasi Pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat Dalam Kegiatan Fasilitas Pembentukan Dan Pembinaan Desa Siaga Narkoba Di Ciamis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat dalam kegiatan fasilitas pembentukan dan pembinaan desa siaga narkoba. Dari mulai penentuan sasaran komunikasi, media, proses penyampaian pesan, peranan komunikator dan strategi komunikasi berdasarkan identifikasi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, Triagulasi data, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Subjek penelitian adalah Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat, dengan informan berjumlah 4 orang yaitu H.Keyo Sukarya,selaku kepalla bidang pencegahan Heri Mulyadi, selaku sub bidang advokasi pencegahan Pinza Andi,pelaksana pencegahan dan Suhendi, pelaksana Bidang Pencegahan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Ciamis. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dari kegiatan fasilitas pembentukan dan pembinaan desa siaga narkoba. Melalui beberapa tahap, yaitu tahap penentuan sasaran komunikasi, yaitu bidang pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat melakukan pembelajaran tentang sasaran komunikasi yang akan dilancarkan. Tahap menentukan media dalam hal ini melakukan pemilihan media sebagai penunjang kegiatan, pesan dalam hal ini melakukan pengkajian pesan yang akan disampaikan dengan melihat tujuan. Tahap komunikator dalam hal ini narasumber yang digunakan dengan melihat daya tarik serta Kredibiltas sumber Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa strategi komunikasi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat dalam kegiatan fasilitas pembentukan dan pembinaan desa siaga narkoba. agar kerjasama yang erat antara masyarakat dengan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat dalam upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) Peneliti menyarankan pada Bidang Pencegahan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Jawa Barat agar dalam semua program yang dilakukan diadakan ditinjau ulang kembali agar program kegiatan selanjutnya menjadi lebih baik, serta methode penyuluhan ditingkatkan agar terwujudnya Jawa Barat 2015 bebas narkoba.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pencegahan Badan Narkotika
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18240

Actions (login required)

View Item View Item