Efektivitas Halaman Facebook (Facebook Page) Kebun Binatang Bandung Sebagai Media Informasi Online

Sugianto, Biyono (2011) Efektivitas Halaman Facebook (Facebook Page) Kebun Binatang Bandung Sebagai Media Informasi Online.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Halaman Facebook (Facebook Page) Kebun Binatang Bandung sebagai media informasi online. Bagaimana efektivitas Halaman Facebook Kebun Binatang Bandung ini, akan peneliti lihat dari kredibilitas, daya tarik serta pesan dari Halaman Facebook tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, teknik pengamatan, studi kepustakaan, dan penelusuran online. Peneliti menggunakan teknik purposive untuk memilih informan dan key-informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas Halaman Facebook Kebun Binatang Bandung terletak pada kualitasnya yang bagus, kehandalannya yang lebih, ketersediaan lebih dari 60 bahasa, luasnya daya jangkau, cepatnya daya akses, tak terbatasnya daya pakai dan daya simpan, serta koneksi internet yang memadahi. Daya tarik dari Halaman Facebook yang terletak pada tampilan, fasilitas wawasan, kekiniannya yang ngetren, dan mendukung bentuk informasi yang variatif yaitu status, foto, video, dll. Pesan yang disampaikan adalah secara informatif dan persuasif disampaikan secara menarik dengan gambar dan smiley. Secara umum bahwa efektivitas Halaman Facebook bisa dilihat dari berbagai macam kredibilitas, adanya berbagai daya tarik, serta pesan yang bervariasi. Kesimpulan dari penelitian, Halaman Facebook adalah media informasi online yang efektif bagi Kebun Binatang Bandung. Melihat kredibilitasnya yaitu kualitas, bahasa, daya jangkau, daya akses, daya pakai dan daya simpan, juga daya tariknya yaitu tampilan, fasilitas, kekiniannya, serta pesan yang variatif yang mendukung aspek pendidikan masyarakat (DikMas), secara informatif dan persuasif. Saran peneliti, agar Kebun Binatang Bandung membuat video profil, menambah pengelola Halaman, mengiklankan Halaman Facebooknya, serta merealisasikan pembuatan website untuk diintegrasikan dengan Halaman Facebook sebagai media informasi online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Halaman Facebook, Media Informasi Online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18252

Actions (login required)

View Item View Item