Bagaimana Komunikasi Perawat Dengan Pasien Dirumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Dalam Terapi Musik Diruang Rehabilitasi

Budi Raharjo, Ponco (2011) Bagaimana Komunikasi Perawat Dengan Pasien Dirumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Dalam Terapi Musik Diruang Rehabilitasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Komunikasi Perawat dengan Pasien Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat dalam Terapi Musik di Ruang Rehabilitasi. Untuk mencoba menjawab penelitian ini melalui bahasa, kial, isyarat, gambar, warna dan media yang digunakan disaat kegiatan terapi musik. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif analisis. Sebagian besar data dikumpulkan melalui obsevasi dilapangan dan wawancara serta didukung oleh studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi langsung dilapangan dengan subyek informan berhumlah empat Orang. Hasil dari penelitian menunjukan, bahwa bahasa, kial, isyarat, gambar, warna, dan media mempunyai tujuan kesembuhan pasien dengan hasil yang positif, karena didukung dengan proses komunikasi, jenis kegiatan, dan rencana program terapi yang sangat baik untuk kesembuhan pasien, pasien pun sangat menyukai dengan kegiatan yang ada di terapi musik ini semua.pembinaan. perubahan ini dirasakan juga oleh perawat melalui sikap pasiennya yang menunjukan hubungan yang kuat. Dengan adanya hubungan yang kuat inilah kemudahan menangani pasien terapi musik dapat berjalan dengan baik pula. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa bahasa, kial, isyarat, gambar, warna, dan media kegiatan-kegiatan yang ada di terapi musik dengan adanya hasil yang positif bagi pasien terapi music melalui adanya Hubungan dan komunikasi yang baik. Saran peneliti hendaknya Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Meningkatkan kegiatan yang sudah berjalan agar kesembuhan pasien dapat semakin baik. Dan perawat terapi musik harus lebih menguasai komunikasi, karena dengan menguasai komunikasi hubungan perawat dan pasien dapat lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perawat dengan pasien
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item