Dampak Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan pada Yomart cabang Sarijadi Bandung

Marghubi M, Aghil (2011) Dampak Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan pada Yomart cabang Sarijadi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan bisnis ritel dimana masyarakat menginginkan sarana dan kebutuhannya dekat dengan rumah menyebabkan banyak peritel berusaha untuk membuka banyak gerai di banyak lokasi, demi memenuhi kebutuhan konsumennya, meskipun dengan lokasi, segmen, dan produk yang hampir sama. Untuk itulah setiap ritel minimarket berusaha memberikan kualitas pelayanan yang berbeda satu sama lain. Dimana kinerja kualitas pelayanan itu merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa dari sudut pandang konsumen. Sedangkan kepercayaan pelanggan adalah sejumlah keyakinan spesifik pelanggan terhadap integritas - kejujuran pihak yang dipercaya dan kemampuan menepati janjinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tanggapan responden mengenai produk kinerja kualitas pelayanan (2) untuk mengetahui tanggapan responden mengenai kepercayaan pelanggan dan (3) seberapa besar dampak kinerja kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pelanggan pada minimarket Yomart cabang sarijadi Bandung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 500 pengujung, dan tehnik penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan teknik pengambilan simple random sampling (simple sederhana) sehingga diperoleh 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, korelasi Product-Moment Pearson, Method of Succesive Interval (MSI) dan koefisien determinasi, serta uji t dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows. Hasil yang diperoleh bahwa kinerja kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang positif terhadap kepercayaan pelanggan dengan korelasi sebesar 0,758. dan apabila dilihat pada tabel koefisien korelasi ditemukan memiliki derajat hubungan yang kuat. Sedangkan besar dampak kinerja kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pelanggan sebesar 0,574 atau 57,4%, sementara sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kinerja kualitas pelayanan yang tidak diteliti oleh penulis seperti: (1) suasana toko, (2) citra toko, (3) keragaman produk

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja kualitas pelayanan, Kepercayaan pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item