Analisis Dan Implementasi Model Nondeterministic Finite Automata Dan Algoritma Levenshtein Untuk Membangkitkan Akord Dari Not Angka

Yusuf, Rudi (2016) Analisis Dan Implementasi Model Nondeterministic Finite Automata Dan Algoritma Levenshtein Untuk Membangkitkan Akord Dari Not Angka.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Algoritma Direct Product adalah algoritma perkalian langsung. Salah satu implementasi algoritma ini digunakan untuk membangkitkan komposisi akord dari notasi angka sebuah lagu. Sehingga komposisi akord sebuah lagu dapat terbentuk lebih dari satu buah komposisi akord. Cara kerja algoritma ini adalah dengan mengalikan kumpulan kumpulan akord bar lagu dalam sebuah lagu untuk menghasilkan beberapa komposisi akord lagu yang utuh dan bervariasi. Komposisi akord bar ini dihasilkan dengan menerapkan model Nondeterministic Finite Automata (NFA) kemudian dengan model akan dihasilkan komposisi-komposisi akord tiap bar lagu. Metode direct product merupakan metode perkalian langsung maka memori yang dibutuhkan dalam penggunaan implementasi ini sangat besar sehingga pembangkitan komposisi akord lagu pun cenderung terbatas disebabkan jumlah komposisi akord bar-nya yang terbatas. Algortima Levenshtein merupakan algoritma string matching yang digunakan untuk pengecekan antara 2 buah kata. Komposisi akord bar ini dibangkitkan dengan menggunakan metode Nondeterministic Finite Automata (NFA) Model selanjutnya akan dicek dengan algoritma levenshtein untuk memastikan bahwa komposisi akord yang terbentuk tidak tersedia pada kumpulan komposisi yang tersedia yang kemudian disimpan dalam alokasi memori. Pengecekan diharapkan dapat untuk menghindari penyimpanan komposisi akord yang sama sehingga penggunaan memori dapat diefisiensikan. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa penggunaan alokasi memori dengan metode penerapan algoritma levenshtein terhadap metode sebelumnya didapatkan 59,59 % dan pengurangan sebanyak 40,41 % dari metode sebelumnya. Oleh karena itu penggunaan algoritma levenshtein mampu mengefisiensikan penggunaan memori namun dari pengujian penelitian yang dilakukan untuk menghitung kompleksits siklomatisnya, penerapan dengan metode ini masih terlalu besar yaitu sebanyak V(G) = 7 jika dibandingkan dengan metode sebelumnya yang hanya V(G)=4.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komposisi Akord, algoritma, direct product , levenshtein, model Nondeterministic Finite Automata (NFA)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18393

Actions (login required)

View Item View Item