Prinsip Keadilan Dalam Pemungutan Pajak Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap Sanksi Pajak Pada KPP Pratama Tangerang Serpong

Imron Mawardi, Asep (2011) Prinsip Keadilan Dalam Pemungutan Pajak Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap Sanksi Pajak Pada KPP Pratama Tangerang Serpong.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prinsip keadilan (equality) merupakan salah satu dari prinsip utama dalam rangka pemungutan pajak. Apabila pelaksanaan prinsip keadilan dalam pemungutan pajak tidak optimal maka akan timbul sanksi pajak. Sanksi pajak tidak akan terjadi bila prinsip keadilan diterapkan sesuai dengan Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi, sanksi pajak, dan keterkaitan antara prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi terhadap sanksi pajak pada KPP Pratama Tangerang Serpong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dan metode vertifikatif. Untuk mengetahui keterkaitan antara prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi terhadap sanksi pajak digunakan pengujian statistik sebagai berikut, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi paerson, koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang memakai aplikasi SPSS 18.0 for windows. Hasil analisis statistik menunjukan adanya keterkaitan kuat dan searah (positif) antara prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi terhadap sanksi pajak. Peningkatan prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi akan diikuti peningkatan juga sanksi pajak. Kesimpulan dari analisis statistik tersebut adalah terdapat keterkaitan yang signifikan antara prinsip keadilan dalam pemungutan pajak untuk Wajib Pajak orang pribadi dengan sanksi pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prinsip Keadilan Dalam Pemungutan Pajak, Sanksi Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item View Item