Sistem Informasi Pengadaan Barang Penunjang Logistik Pada Bagian Gudang Di PT. Telkom Jakarta Barat

Sucipto, Hamdani (2011) Sistem Informasi Pengadaan Barang Penunjang Logistik Pada Bagian Gudang Di PT. Telkom Jakarta Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses pengadaan barang sebagai penunjang kegiatan operasional sebuah perusahaan perlu mendapatkan perhatian khusus dari perusahaan tersebut karena sekarang ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang telah banyak dimanfaatkan dalam membangun bisnis yang lebih terintegrasi. Selama ini, proses pengadaan di PT. Telkom Jakarta barat masih belum optimal. Penggunaan sotware Microsoft Excel sebagai pengolah data masih memiliki kekurangan karena rentan terhadap kesalahan dan belum dapat diakses oleh semua kantor cabang, mengingat banyaknya kantor cabang yang dimiliki . Selain itu, proses permintaan barang masih menggunakan form-form dalam mengisi data dan terjadi duplikasi aktifitas selama proses pengadaan barang berlangsung. Adanya permasalahan tersebut melatarbelakangi adanya penelitian tugas akhir yang berjudul �¢����Sistem Informasi Pengadaan Barang Penunjang Logistik pada Bagian Gudang di PT. Telkom Jakarta Barat�¢����. Sistem ini dirancang agar dapat menunjang proses input permintaan barang, Purchase Order, Delivery Order, cetak Packing List, cek status barang sampai dengan pelaporan barang terkirim dan pembelian barang. Dalam merancang sistem ini, ada beberapa hal yang dilakukan dalam memecahkan masalah yang secara garis besar terbagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap pendahuluan yang dilakukan untuk memberikan arahan, menentukan tujuan, dan untuk memfokuskan pembahasan dalam proses penelitian selanjutnya. Tahap kedua menetukan metodologi pengumpulan data yang berupa sumber data primer serta sumber data sekunder, dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah prototype. Tahap ketiga adalah tahap analisis dan perancangan sistem. Pada tahap ini dilakukan analisis sistem eksisting untuk mengetahui kekurangan sistem dan menentukan identifikasi kebutuhan sistem baru, kemudian dilakukan perancangan sistem berdasarkan kebutuhan sistem. Tahap keempat adalah tahap pengujian dan analisis sistem. Tahap kelima berdasarkan sistem yang telah dirancang, maka dilakukan pengujian untuk mengetahui apakah sistem sudah mampu merepresentasikan tujuan awal dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sistem. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dirancang diharapkan mampu melakukan pencatatan dan pengecekan permintaan barang dan memberikan informasi berupa laporan permintaan barang dan pembelian barang yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bagian gudang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permintaan Barang, Purchase Order, Packing List, PT Telkom.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18455

Actions (login required)

View Item View Item