Pelayanan Publik Melalui Website http://ristek.go.id Di Biro Hukum Dan Humas Pada Kementrian Riset Dan Teknologi Republik Indonesia

Maharani, Karina (2011) Pelayanan Publik Melalui Website http://ristek.go.id Di Biro Hukum Dan Humas Pada Kementrian Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan pengaruh sangat besar pada semua bidang, termasuk dalam pelayanan publik pada suatu instansi pemerintahan. Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Biro Hukum dan Humas dalam memberikan pengabdian yang maksimal kepada masyarakat serta dalam mengimplementasikan kebijakan e-Government membuat pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id yang bertujuan untuk menciptakan transparansi, menciptakan akuntabilitas, serta menciptakan partisipatif kepada masyarakat. Teori dalam penelitian ini adalah teori pelayanan publik dari Sinambela. Teori pelayanan publik dilihat dari enam indikator, yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak dan kewajiban serta keseimbangan hak dan kewajiban. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, studi lapangan dan observasi non partisipan serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informasn dalam penelitian ini adalah unit kerja Biro Hukum dan Humas pada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan menggunakan teknik purposive dan masyarakat dengan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id transparan. Pelaksanaan pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat sangat efektif dan efisien dengan adanya pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id. Masyarakat sangat partisipatif dalam pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id. Pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id sangat adil bagi masyarakat. Kendala yang dihadapi yaitu masih kurangnya SDM untuk mempergunakan sarana teknologi informasi yang tersedia guna menunjang terlaksananya pelayanan publik melalui website http://ristek.go.id di Biro Hukum dan Humas pada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Menghadapi kendala tersebut, maka Biro Hukum dan Humas pada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia seharusnya mencari dan menyaring tenaga ahli yang dapat menggunakan sarana teknologi khususnya di bidang komputerisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik Melalui Website
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item