Strategi komunikasi bidang diseminasi informasi Dinas Komunikasi dan Infomatika Kota Bandung dalam menyebarkan informasi kebijakan Pemerintah Kota Bandung melalui Majalah Swara Bina Kota

Nabella P, Ghea (2012) Strategi komunikasi bidang diseminasi informasi Dinas Komunikasi dan Infomatika Kota Bandung dalam menyebarkan informasi kebijakan Pemerintah Kota Bandung melalui Majalah Swara Bina Kota.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan strategi komunikasi bidang diseminasi informasi Dinas komunikasi dan Informatika kota Bandung dalam menyebarkan informasi kebijakan Pemerintah kota Bandung melalui majalah Swara Bina Kota. Untuk menjawab startegi komunikasi maka peneliti mengangkat empat sub fokus yaitu tujuan, rencana, kegiatan dan pesan.Pendekatan penelitian adalah kualitatif, metode penelitian deskripstif (descriptive research). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, studi lapangan, studi pustaka, dan internet searching. Informan dalam penelitian adalah Pegawai Pemerintah kota Bandung dan masyarakat. Teknik yang digunakan ialah teknik purposive sampling (teknik sampel bertujuan) dimana sampel diambil dengan melalui pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik analisa data ialah penyeleksian data, reduksi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan Diseminasi informasi yaitu memberikan informasi terkait mengenai kebijakan ternaru yang dimiliki oleh Pemerintah kota Bandung. Rencana yang dimiliki ialah penerbitan setiap tiga bulan sekali, penentuan tema, pemilihan berita dan bahasa yang mudah dipahami, dan melihat sasaran pembaca. Kegiatan yang dilakukan yaitu meliput kegiatan yang terjadi di lingkup Pemerintah kota Bandung. Pesan yang digunakan termasuk pesan yang bersifat persuasif dan informatif.Kesimpulan penelitian ini adalah strategi komunikasi bidang diseminasi informasi Dinas komunikasi dan Informatika kota Bandung dalam menyebarkan informasi kebijakan Pemerintah kota Bandung melalui majalah Swara Bina Kota tidak terlepas dari tujuan, rencana, kegiatan dan pesan yang disampaikan untuk mencapai suatu tujuan akhir yaitu dalam menyebarkan informasi kebijakan Pemerintah kota Bandung.Saran pada penelitian ini yakni meningkatkan strategi komunikasi yang tidak terlepas dari tujuan, rencana, kegiatan dan pesan yang akan disampaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tujuan, Rencana, Kegiatan dan Pesan, komunikasi organisasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item View Item