Dampak Kelengkapan Sistemik Sistem Informasi Terhadap Pengaruh Lingkungan Belajar Pada Proses Transformasi Potensi Intelektual Individu Menjadi Modal Intelektual Kelompok

Widiyanatika, Dina (2001) Dampak Kelengkapan Sistemik Sistem Informasi Terhadap Pengaruh Lingkungan Belajar Pada Proses Transformasi Potensi Intelektual Individu Menjadi Modal Intelektual Kelompok.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk dapat bertahan di lingkungan yang bergejolak dan berubah dengan cepat seperti yang terjadi sekarang ini, organisasi harus mampu beradaptasi mengikuti perubahan tersebut. Dengan kata lain, organisasi harus mampu menjadi organisasi belajar (Hartanto, 1999). Didalam suatu organisasi belajar, manusia memegang peranan yang sangat penting, karena keberhasilan keberhasilan suatu perusahaan/ organisasi tergantung dari keberhasilannya memanfaatkan potensi insani yang tertanam dalam diri setiap individu dengan semaksimal mungkin, untuk kepentingan organisasi, dalam bentuk modal maya organisasi. Proses transformasi dari potensi insani menjadi modal maya organisasi inilah yang menjadi inti permasalahan dalam penelitian ini. Dengan melakukan pembatasan pada proses transformasi kompetensi intelektual individu menjadi modal intelektual kelompok. Proses transformasi tersebut membutuhkan suatu media untuk dapat tumbuh dengan subur. Senge (1990) mengungkapkan 5 disiplin belajar yang mampu berperan sebagai habitat yang kondusif bila diantara kelima disiplin tersebut memiliki keterkaitan antar satu dengan yang lainnya, yang membentuk suatu jalur transformasi. Kelima disiplin tersebut adalah personal mastery, mental models, shared vision, system thinking dan team learning. Selain itu juga, pengaruh keberadaan lingkungan belajar pada proses transformasi tersebut akan meningkat bila di perusahaan yang bersangkutan tersedia suatu sistem informasi yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empirik bahwa modal intelektual kelompok hanya akan terbentuk dari kompetensi intelektual individu yang bekerja didalam suatu lingkungan belajar yang kondusif dan didukung keberadaan suatu sistem informasi yang efektif. Berdasarkan data empirik dari 3 perusahaan besar di Indonesia yang terdiri dari 57 kelompok kerja, penelitian ini telah dapat membuktikan bahwa modal intelektual kelompok dapat terbentuk dari kompetensi intelektual individu bila dipengaruhi keberadaan lingkungan belajar yang didukung oleh sistem informasi yang lengkap. Tetapi pengaruh langsung lingkungan belajar yang kondusif terhadap terjadinya proses transformasi pengetahuan itu sendiri, belum dapat dibuktikan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2001
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:36
Last Modified: 16 Nov 2016 07:36
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item