Peranan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Subang Dalam Melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pajak Pengambilan Sarang Burung Walet

Syaeful Hamdhan, Ramdhan (2011) Peranan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Subang Dalam Melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pajak Pengambilan Sarang Burung Walet.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pendapatan Daerah merupakan salah satu dinas yang ada di Kabupaten Subang, fungsi pokok dari dinas ini adalah melaksanakan sebagian kewenangan daerah bidang pendapatan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, dan berdasarkan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Bupati. Melihat tugasnya sebagai pelaksana bidang pendapatan daerah, Dinas Pendapatan Daerah mempunyai peranan penting dalam mewujudkan kemandirian daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Subang dalam melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pajak Pengambilan Sarang Burung Walet. Dalam penulisan Skripsi ini, penulis menggunakan metode Deskriptif, yaitu penulis mengetahui, menggambarkan, dan memaparkan suatu keadaan yang terjadi di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah studi lapangan berupa observasi dan wawancara, dan studi literatur. Peranan Dinas Pendataan Daerah Kabupaten Subang salah satunya adalah melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pajak Pengambilan Sarang Burung Walet, dimana yang menjadi wajib pajaknya adalah pengusaha sarang burung walet, baik itu perorangan atau badan yang mengelola atas namannya sendiri maupun pihak lain. Selanjutnya penetapan nilai pajak yang dilakukan oleh seksi penetapan pajak dengan mengeluarkan SKPD. Tarif pajak yang dipungut adalah sebesar 30% yang diusahakan oleh BUMD, dan 15% yang diusahakan oleh swasta dari pendapatan bruto. Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Subang dalam melaksanakan peranannya menemukan hambatan dalam pelaksanaan pendataan potensi pajak sarang burung walet, yaitu tidak dapat mendata potensi pajak yang sebenarnya yang ada disetiap gedung sarang burung walet yang dimiliki oleh wajib pajak, hambatan lain adalah wajib pajak terlambat atau bahkan menunggak menyetorkan pajaknya ke Kas Daerah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Subang melaksanakan upaya dengan cara mengembangkan kerjasama dengan Organisasi Pengusaha Sarang Burung Walet yang ada di wilayah Kabupaten Subang, guna mengetahui potensi pajak yang sebenarnya. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan pelaksanaan pemungutan pajak adalah dengan cara melakukan tagihan dengan mengeluarkan surat teguran atau surat paksa, dan bagi wajib pajak yang menunggak akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda sampai ke penyitaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Daerah Kabupaten Subang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18554

Actions (login required)

View Item View Item