Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam (Studi Dramaturgi Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam Di New Tropicana Karaoke & Cafe Bandung Dalam Menjalani Kehidupannya)

Handayani, Mita (2012) Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam (Studi Dramaturgi Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam Di New Tropicana Karaoke & Cafe Bandung Dalam Menjalani Kehidupannya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam (Studi Dramaturgi Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam di New Tropicana Karaoke & Cafe Bandung dalam Menjalani Kehidupannya). Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini: Panggung depan, panggung belakang dan perilaku. Sub fokus tersebut untuk mendukung fokus penelitian, yaitu: Perilaku Penyanyi Wanita Club Malam di New Tropicana Karaoke & Cafe Bandung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi dramaturgi, Subjek penelitiannya adalah penyanyi cafe. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang penyanyi club malam, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 2 (dua) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa panggung depan (front stage), penyanyi wanita club malam hampir semuanya memerankan panggung depan (front stage) dengan baik, mereka berperan layaknya aktris atau aktor dalam suatu pertunjukan drama panggung. Pada panggung belakang (back stage), penyanyi wanita club malam benar-benar memainkan sebuah peran yang utuh/sesungguhnya. Sehingga pada perilaku mereka saat berada di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) memiliki suatu peran yang sangat berbeda, mereka berdramaturgi dalam menjalani kehidupannya. Kesimpulan panggung depan (front stage) penyanyi wanita club malam hampir semuanya memerankan panggung depan dengan baik. Pada panggung belakang (back stage) penyanyi wanita club malam benar-benar menunjukan karakter diri mereka yang seutuhnya, dan perilaku yang tumbuh pada dirinya adalah hasil dan cara ia bersosialisasi di lingkungan, baik dalam profesi maupun diluar profesi. Saran Untuk Penyanyi: Cara seorang penyanyi menetralisir keadaan ketika ada seorang tamu yang bertindak diluar batas kewajaran sebaiknya lebih bisa di selesaikan dengan tidak menimbulkan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitatif, dramaturgi, penyanyi wanita,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18563

Actions (login required)

View Item View Item