Strategi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Kegiatan Lomba Menulis Artikel HUT PT. Pos Indonesia (Persero) Yang Ke 265 Tahun Dalam Menarik Minat Peserta

Wahyudi, Ahmad (2012) Strategi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung Melalui Kegiatan Lomba Menulis Artikel HUT PT. Pos Indonesia (Persero) Yang Ke 265 Tahun Dalam Menarik Minat Peserta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menguraikan, serta menjelaskan bagaimana strategi Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) melalui kegiatan HUT PT. Pos Indonesia (Persero) yang ke 265 tahun dalam menarik minat pengguna jasa pos yang ditinjau dari empat proses kerja Public Relations, yaitu fact finding, planning, communicating, evaluating. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, menggunakan empat proses kerja Public Relations. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, studi kepustakaan dan internet searching. Pemilihan informan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan peneliti. Teknik analisa data yang digunakan penyeleksian data, klasifikasi data, merumuskan hasil penelitian, menganalisa hasil penelitian, sedangkan demi mendapatkan kebenaran hasil data digunakan teknik triangulasi data agar didapat keabsahan data. Penelitian ini adalah penemuan fakta di lapangan, dimana kurang kesadaran masyarakat dan seluruh stakeholder lainnya terhadap peran strategis layanan pos di Indonesia, sehingga Public Relations PT. Pos Indonesia (Persero) membuat perencanaan melalui lomba menulis artikel dalam rangka memperingati HUT PT. Pos Indonesia (Persero) yang ke 265 tahun untuk menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat tentang eksistensi pelayanan pos dengan segala perkembangannya, pelaksanaan dilakukan berdasarkan apa yang telah direncanakan dengan menggunakan media massa sehingga diharapkan informasi dapat tersebar luas, dari segi evaluasi semua berjalan sesuai dengan rencana meskipun terdapat sedikit kendala yang ditemui, yaitu kurang tepat waktu dengan apa yang sudah ditetapkan. Simpulan dari penelitian ini, strategi yang telah dilakukan belum terlalu maksimal, meskipun dalam perencanaan sudah matang, mengingat kurangnya tepat waktu pada saat kegiatan lomba, sehingga disarankan untuk membenahi berbagai hal yang masih kurang, terutama unsur tepat waktu. Saran yang diberikan adalah sebaiknya PT. Pos Indonesia (Persero) secara rutin mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan lebih variatif, agar peserta yang mengikuti kegiatan pos semakin banyak dan keeksistensian pos pun terjaga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi public relations, pendekatan kualitatif, metode deskriptif, fact finding, planning, communicating, evaluating
Subjects: Member > evie@perpus.unikom.ac.id
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18567

Actions (login required)

View Item View Item