Analisis sistem informasi pemindahbukuan pajak pada kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Sumedang : laporan kerja praktek

Tania, Winda (2012) Analisis sistem informasi pemindahbukuan pajak pada kantor pelayanan pajak (KPP) Pratama Sumedang : laporan kerja praktek.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setelah melakukan peninjauan terhadap sistem yang berjalan pada proses pemindahbukuan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang, dapat disimpulkan bahwa kantor ini sepenuhnya didukung oleh sistem administrasi berbasis komputer yang penerapannya didasarkan atas standard operating procedure (SOP) yang berlaku di Direktorat Jenderal Pajak. Sistem yang berjalan di kantor ini menerapkan case management (manajemen kasus) dan work flow system (alur kerja), sehingga memungkinkan setiap proses kegiatan menjadi terukur dan terkontrol sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Termasuk proses pemindahbukuan pajak yang memiliki jangka waktu penyelesaian paling lama 30 (tiga puluh) hari dimana sistem akan memberikan peringatan dini (early warning) jika penyelesaian proses tertunda di salah satu petugas dan sekaligus proses dapat di terkontrol dengan baik oleh pimpinan.Dengan sistem yang telah berjalan ini, proses penyelesaian pemindahbukuan pajak secara keseluruhan dapat dikatakan menjadi lebih efektif dan lebih efisien. Efektif dalam hal prosesnya yang tidak berbelit-belit karena sistem berjalan sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang berlaku sehingga proses menjadi terukur dan terkontrol dengan baik. Menjadi efisien karena dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu yang relatif singkat sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Tetapi selain memiliki keunggulan, sistem yang berjalan ini (SIDJP) yaitu adanya work flow dan case management, SIDJP juga memiliki kelemahan yaitu ketika beban kerja tinggi maka kinerja SIDJP menjadi lamban, termasuk didalamnya proses penyelesaian pemidahbukuan pajak. Padahal SIDJP baru diterapkan di beberapa KPP termasuk KPP Pratama Sumedang, apalagi jika seluruh KPP dan unit vertikal lainnya menerapkan, salah satu penyebabnya adalah SIDJP tersentralisasi di Kantor Pusat DJP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi pajak
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:57
Last Modified: 16 Nov 2016 07:57
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18985

Actions (login required)

View Item View Item