Sistem Penanganan Order Pada Prog Management Tool Divisi Bisnis Integrasi Direktorat Aerostructure Di PT. Dirgantara Indonesia (persero)

Silvi Selvian, Hudi and Azhari N, Riza and Maulana, Wildan (2011) Sistem Penanganan Order Pada Prog Management Tool Divisi Bisnis Integrasi Direktorat Aerostructure Di PT. Dirgantara Indonesia (persero).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemesanan pesawat terbang merupakan proyek besar dimana didalamnya melibatkan kerja sama antarnegara. Kerja sama tersebut terbentuk karena adanya transaksi produk jadi, material, maupun komponen pesawat terbang. PT. Dirgantara Indonesia (Indonesian Aerospace) memproduksi beragam pesawat terbang dan helicopter yang sebagian besar material didatangkan dari luar negeri. Produki pesawat terbang maupun komponen penyusunan yang dilakukan PT. DI dilakukan secara Make To Order (MTO) dimana pembuatan produk baru dikerjakan setelah adanya order (pesanan) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Adapun proses produksi yang dilakukan termasuk kedalam tipe job shop. Pengerjaan order untuk setiap jenis pesawat merupakan bagian dari suatu proyek tersendiri yang membutuhkan sumber daya tertentu untuk memenuhi batasan waktu, biaya, dan spesifikasi tertentu. Setiap proyek tersebut membutuhkan perencanaan dan pengendalian serta pengalokasian sumber daya yang tepat agar order dapat terpenuhi sesuai pemintaan. Dalam proyek pembuatan pesawat terbang, tidak semua jenis pesawat diproduksi sendiri oleh PT. DI secara utuh menjadi satu unit produk tetapi terdapat beberapa jenis pesawat yang hanya dibuat subassembly-nya saja. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi yang baik di antara pihak pihak yang terkait (vendor dan supplier) terutama yang berhubungan dengan masalah perencanaan dan pengendalian produksi. Dalam perencanaan tersebut dipertimbangkan aspek aspek yang berhubungan dengan material, kapasitas dan kapabilitas produksi, serta waktu pemenuhan order.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Penanganan Order
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:57
Last Modified: 16 Nov 2016 07:57
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item