Implementasi Sistem Informasi Kuliah Online Pengaruhnya Terhadap Minat Dosen Dan Implikasinya Pada Kualitas Mengajar Dosen DI Universitas Komputer Indonesia

Damay Jayanti, Yohana (2011) Implementasi Sistem Informasi Kuliah Online Pengaruhnya Terhadap Minat Dosen Dan Implikasinya Pada Kualitas Mengajar Dosen DI Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Universitas Komputer Indonesia Bandung yaitu salah satu lembaga pendidikan tinggi yang sedang mengembangkan sistem perkuliahan secara online. Fenomena yang terjadi adalah kurangnya pemanfaatan kuliah online dalam menarik minat dosen untuk menggunakannya padahal kuliah online memberikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan informasi dan melakukan komunikasi dapat menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas mengajar dosen untuk memberikan materi perkuliahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi sistem informasi kuliah online pengaruhnya terhadap minat dosen dan implikasinya pada kualitas mengajar dosen di Universitas Komputer Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Unit analisis dalam penelitian ni adalah dosen tetap Unikom yang berjumlah 70 orang dan mahasiswa yang berjumlah 350 orang sebagai sampel pendukung. Untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi kuliah online terhadap minat dosen dan implikasinya pada kualitas mengajar dosen digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, analisis jalur, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi Kuliah Online di Unikom Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kriteria baik, namun indikator infrastruktur menunjukkan kriteria kurang baik karena kurang nya fasilitas personal komputer dan lambatnya akses internet karena bandwidth kurang mencukupi. Sedangkan untuk variabel minat dosen termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini dikarenakan adanya peraturan wajib bagi dosen tetap untuk menggunakan kuliah online sebagai fasilitas belajar, demikian pula variabel kualitas mengajar dosen termasuk dalam kategori tinggi kecuali indikator daya tarik memperoleh tanggapan cukup, hal ini dikarenakan kurang menariknya desain materi atau bahan ajar yang diupload dosen. Hasil analisis korelasi menunjukkan tingkat keeratan yang tinggi/erat, yang berarti semakin baik sistem informasi kuliah online diterapkan, maka akan meningkatkan minat dosen dan kualitas mengajar dosen. Selanjutnya sistem informasi kuliah online berdampak positif dan signifikan terhadap minat dosen dan kualitas mengajar dosen. Kemudian dampak secara simultan lebih besar dari secara parsial. Hal ini berarti keberadaan sistem informasi kuliah online sebaiknya memang menyelaraskan dengan keinginan dosen sehingga menciptakan minat sekaligus kualitas mengajar dosen

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Kuliah Online, Minat Dosen, Kualitas Mengajar Dosen.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:57
Last Modified: 16 Nov 2016 07:57
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item View Item