Peranan Jaringan Sendiri Terhadap Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terhadap Karateristik Tempat Di Berbagai Kecamatan

Febriansyah, Ricky (2011) Peranan Jaringan Sendiri Terhadap Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terhadap Karateristik Tempat Di Berbagai Kecamatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam Instansi Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Purwakarta terdapat sebuah sistem yang menunjang kinerja instansi itu. Sistem yang dipakai sekarang adalah Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang dikeluarkan oleh Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. Sistem yang dipakai sebelumnya adalah mengunakan Sistem Informasi Iependudukan (SIMDUK). Berdasarkan data tahun 2008 penduduk Purwakarta sekitar 883 000 jiwa. Jumlah sebanyak itu mungkin bisa berkurang atau bertambah tergantung hasil validasi system SIAK. Berdasarkan data-tahun yang lalu masih ada terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Keluarga (KK) tidak terdaftar dalam penomoran nasional karena sebagian masih mengunakan sistem SIMDUK. Masalah lain adalah dalam pengoperasiannya masih terdapat bebagai kendala yang dihadapi. Dalam menjalankan aplikasi SIAK diperlukan media berupa jaringan sebagai penghubung sistem informasi dari berbagai entri data yang di inputkan yang kemudian akan secara otomatis akan tersimpan dalam database sementara yang berada di Dinas Kabupaten yang kemudian oleh dinas secara berkala akan di kirimkan ke pusat statistik kependudukan di negara Indonesia. Adapun jaringan yang dipakai adalah sistem berupa Wireless Area Network (WAN) yang mengunakan jaringan lokal dengan secara gamblangnya sistem ini dilakukan dengan sistem tembak yang masih menumpang pada jaringan system informasi kabupaten purwakarta yang bernama KAHARTI yang merupakan pusat hubungan sistem komunikasi antar lembaga. Jaringan ini masih sangat rentan terhadap pengaruh gejala alam seperti petir yang dapat memberikan masalah yang berarti karena di 17 kecamatan yang berada di purwakarta memiliki karakteristik tempat yang bebeda-beda dalam menunjang sistem jaringan ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jaringan Sendiri Terhadap Sistem Informasi Administrasi
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item