Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Di Dinas Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan Aset Kabupaten Pandeglang

Bachtiar Irhandy, Adam (2011) Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Di Dinas Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan Aset Kabupaten Pandeglang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SIPKD merupakan sistem informasi yang didalamnya memuat proses penyusunan APBD sampai ketahapan realisasinya lengkap dengan laporan keuangan beserta pencatatan kode rekeningnya. Proses penyusunan tersebut dimulai dari pencatatan satuan kerja yang ada di daerah beserta program dan kegiatannya, program dan kegiatan tersebut nantinya akan dijadikan data awal dalam penyusunan pra rencana kerja dan anggaran bagi setiap SKPD.br / Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan SIPKD di Dinas Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Kabupaten Pandeglang.br / Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan. George C. Edwards III mengemukakan bahwa yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan suatu implementasi kebijakan dipengaruhi oleh komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi.br / Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif dinilai cocok karena untuk menggambarkan atau menjelaskan tentang implementasi kebijakan SIPKD. Di dalam penelitian mengacu pada aparatur yang bekerja pada Dinas Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Kabupaten Pandeglang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi non partisipan, studi pustaka dan dokumentasi.br / Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi kebijakan SIPKD di Dinas Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Kabupaten Pandeglang belum dilakukan secara optimal baik menyangkut komunikasi yang masih minim dilakukan, sumberdaya yang belum tergali, disposisi yang dikembangkan masih terbatas pada internal organisasi serta struktur organisasi yang belum sesuai dengan bidangnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, SIPKD.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item View Item