Pengaruh Idiosyncratic Presiden Yudhoyono Dalam Penyelesaian Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia (Tahun 2004-2011)

Permata Rasmi, Panji (2012) Pengaruh Idiosyncratic Presiden Yudhoyono Dalam Penyelesaian Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia (Tahun 2004-2011).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar belakang masalahnya adalah banyak perhatian tertuju pada nasib TKI di Malaysia yang diperlakukan secara tidak manusiawi oleh majikannya di Malaysia, hal ini pula yang menjadi sorotan terhadap pemerintah Indonesia mengenai kebijakan yang diambil dalam melindungi para TKI tersebut di Malaysia terutama dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai kepala negara sebagai pengambil keputusan dan kebijakan dalam politik luar negeri yang diambil terhadap perlindungan TKI di Malaysia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam penyelesaian permasalahan TKI di Malaysia, mengetahui apa saja kendala yang dihadapi pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam menyelesaian permasalahan TKI di Malaysia, mengetahui bagaimana idiosyncratic Susilo Bambang Yudhoyono mempengaruhi politik luar negeri Indonesia-Malaysia, dan mengetahui bagaimana idiosyncratic Susilo Bambang Yudhoyono mempengaruhi prospek hubungan bilateral Indonesia-Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dan metode historis analitis. Teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan (library research), dengan pengumpulan data dan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan organisasi internasional terkait, buku-buku teks, makalah dan jurnal-jurnal mengenai masalah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, serta penggunaan jasa internet melalui website yang berhubungan dengan penelitian yang dikaji, sehingga mendapatkan data-data tertulis yang dapat didokumentasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor idiosyncrtic Susilo Bambang Yudhoyono yang active independent merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam politik luar negeri yang dikeluarkan. Jalur diplomasi merupakan langkah yang ditempuh oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam penyelesaian permasalahan TKI di Malaysia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: idiosyncratic, Susilo Bambang Yudhoyono, TKI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item View Item