Implementasi Kualitas Sofware Sistem Informasi Manajemen Dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK -BMN) Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Di Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSLITBANG-SDA) Jawa Barat

Fadil Kinantaka, Fandi (2011) Implementasi Kualitas Sofware Sistem Informasi Manajemen Dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK -BMN) Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Di Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSLITBANG-SDA) Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Software Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) merupakan program aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi pencapaian informasi yang meliputi pengadaan serta pengelolaan barang milik Negara dan pembuatan laporan untuk setiap lembaga pemerintahan, salah satunya adalah Pusat Penelitan dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSLITBANG-SDA) Jawa Barat. Selain itu, program aplikasi ini juga ditujukan untuk meningkatkan kinerja para pegawai, tetapi ada bebapa data factual yang didapat dilapangan, berupa beberapa kekurangan dari program aplikasi tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui program aplikasi yang berjalan, untuk mengetahui tanggapan pegawai mengenai program aplikasi tersebut, untuk mengetahui kinerja pegawai, dan untuk mengetahui keeratan Software Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) terhadap Kinerja Pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, untuk mengetahui Software Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) yang berjalan menggunakan pendekatan terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis data dengan menggunakan Analisi Korelasi Rho Spearman, dan uji t, pengolahan data menggunakan program SPSS 16.0 For windows serta perhitungan manual sesuai dengan rumus dalam teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Software Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) berdampak terhadap Kinerja Pegawai, penilain pada kualitas software hampir seluruh dari indikator dinyatakan baik, tetapi ada beberapa indikator yang dirasakan harus lebih ditingkatkan, seperti pada indikator Language, yang perlu ditingkatkan dalam indikator tersebut adalah pemakain penyingkatan kalimat dan istilah akuntansi yang lebih tepat agar mudah dimengerti dan diingat. Serta indikator yang lainnya seperti Akurasi dan Presisi dan Auditabilitas yang mendapat penilaian dalam kategori cukup. Penilaian Kinerja Pegawai hanya ada satu indikator yang perlu lebih dioptimalkan yaitu Behavior-Base Performance Evaluation yang berarti harus lebih ditingkatkan lagi ketelitian para pegawai dalam bekerj, sehingga setiap kesalahan yang dilakukan saat memakai program aplikasi tersebut dapat langsung diketahui serta dapat meminimalisir kesalah yang diperbuat. Hasil dari korelasi menunjukkan keeratan pada kategori kuat dan tidak searah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi Manajemen dan akuntansi, Statistik non-parametrik, Implementasi Kualitas Software.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item