Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Makanan Dan Minuman Pada Restoran Bandung Indah Golf

Shoviana, Chenndrie (2011) Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Makanan Dan Minuman Pada Restoran Bandung Indah Golf.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Restoran Bandung Indah Golf merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Bandung Indah Golf and Country Club. Restoran tersebut cukup memberikan kontribusi yang positif bagi Bandung Indah Golf and Country Club dalam mendapatkan keuntungan perusahaan. Dalam kegiatannya restoran tersebut melakukan proses pembelian berbagai bahan makanan dan minuman dari beberapa supplier yang kemudian di olah dan akhirnya di jual kepada pelanggan restoran. Proses tersebut sangat berpengaruh dalam pengendalian sistem persediaan bahan makanan dan minuman di Restoran Bandung Indah Golf. Berdasarkan analisa sistem persediaan bahan makanan dan minuman di restoran tersebut, sering ditemukan kondisi under stock dan over stock. Hal tersebut terjadi karena sistem yang berjalan tidak secara otomatis mengurangi jumlah persediaan bahan makanan dan minuman yang telah terjual. Hal ini menyebabkan jumlah pemakaian bahan makanan dan minuman yang keluar tidak terkontrol secara sistematis. Guna menunjang kelancaran proses penjualan dan pembelian bahan makanan dan minuman, maka di rancanglah Sistem Informasi penjualan dan pembelian yang mampu mengendalikan dan mengontrol persediaan bahan makanan dan minuman. Untuk mencapai tujuan tersebut metode penelitian yang digunakan meliputi desain penelitian menggunakan metode deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan wawancara dan observasi, metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur, metode pengembangan sistemnya adalah model Prototype , alat bantu analisis dan perancangan meliputi Flowmap, Data flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ER-D). Adapun perangkat lunak pendukung dalam pembuatan sistem informasi Penjualan dan Pembelian ini adalah Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai interface dan Microsoft SQL Server 2000 sebagai databasenya. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menguji sistem informasi tersebut menggunakan metode black box. Berdasarkan analisa, perancangan, implementasi, dan pengujian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Makanan dan Minuman pada Restoran Bandung Indah Golf mampu mengendalikan dan mengontrol persediaan bahan makanan dan minuman, secara otomatis melakukan update stok persediaan bahan makanan dan minuman, dan mampu menangani proses pemberian diskon secara otomatis serta telah menangani proses penjualan menu paket.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penjualan, Pembelian, Persediaan, Makanan dan Minuman, Flow Map, Data flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ER-D), Black Box, Terstruktur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item