Sistem Informasi Penyebaran Organisme Penggangu Tanaman (OPT) Padi Sawah Pada UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Lampung Berbasis Web

Lesmana, Herlina (2011) Sistem Informasi Penyebaran Organisme Penggangu Tanaman (OPT) Padi Sawah Pada UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Lampung Berbasis Web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

UPTD BPTPH (BALAI PROTEKSI TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA) Provinsi Lampung merupakan salah satu UPTD khususnya di bidang Pertanian, dimana memiliki tugas pokok melaksanakan pengamatan, peramalan, penerapan, teknis pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) serta pengawasan dan pemantauan dampak pestisida dan pupuk dalam rangka memantapkan ketersediaan cadangan pangan masyarakat serta penganekaragaman konsumsi pangan dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura. Langkah awal untuk mengetahui penyebaran OPT adalah dengan cara pendataan Pembangunan web penyebaran OPT Padi di UPTD BPTPH Lampung merupakan langkah untuk memudahkan dalam mengolah data, sehingga dapat memberikan informasi penyebaran OPT Padi secara akurat bagi UPTD BPTPH. Dengan adanya web penyebaran OPT Padi ini petugas kecamatan dapat melakukan penginputan data tanpa manual lagi dan tidak perlu datang ke kabupaten untuk menyerahkan laporan penyebaran OPT Padi begitu juga dengan petugas kabupaten tidak perlu merekap laporan dari berbagai kecamatan secara manual lagi dan tidak perlu langsung datang ke Provinsi untuk menyerahkan laporan penyebaran OPT Padi tersebut. Petugas provinsi pun dapat melihat hasil laporan tersebut dengan efektif dan efisien . Untuk metodologi pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah metodologi prototype dengan tahapan pengumpulan data, perancangan, dan evaluasi. serta digambarkan pada bahasa pemodelan berorientasi objek atau UML (Unified Model Language). Berdasarkan dari hasil pengujian diharapkan web penyebaran OPT Padi ini dapat membantu bagian pelayanan teknis di UPTD BPTPH dalam hal mengolah data, meningkatkan keakuratan hasil perekapan laporan penyebaran OPT Padi dan dapat mengefesiensikan waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: web, pendataan, penyebaran OPT Padi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19802

Actions (login required)

View Item View Item