Sistem Informasi Akademik Pada SMP Negeri 2 PUSPAHIANG

Sri Mulyanti, Neneng (2011) Sistem Informasi Akademik Pada SMP Negeri 2 PUSPAHIANG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMP Negeri 2 Puspahiang merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai banyak siswa, dimana jumlah penerimaan setiap angkatan maksimal berjumlah 160 orang, sehingga di tuntut untuk memiliki suatu sistem informasi yang dapat meningkatan mutu kinerja yang maksimal. Masalah yang terjadi di SMP Negeri 2 Puspahiang, berupa sulitnya mendapatkan informasi jumlah siswa baru yang akan diterima, dimana untuk mendapatkan informasi masih membutuhkan waktu yang lama karena harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap semua pendaftar. Dalam hal pengolahan nilai akhir siswa masih terjadi kesulitan dalam memisahkan data nilai akhir siswa yang berstatus nonremedial dan remedial. Sedangkan dalam hal pembagian kelas siswa baru masalah yang di dapat berupa sering terjadinya redudansi data pada saat membagi jumlah siswa laki-laki dan perempuan pada setiap kelas. Adapun pendekatan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dan pemrograman terstruktur yang menggunakan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan seperti flowmap, diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD), kamus data dan perancangan basis data (normalisasi dan tabel relasi). Dan model pengembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall. Pada metode ini terdapat 5 tahap untuk mengembangkan suatu perangkat lunak. Kelima tahapan itu tersusun dari atas kebawah, diantaranya : Analysis, Design, Coding, Testing, Maintenance. Dengan diterapkannya perancangan sistem informasi akademik pada SMP Negeri 2 Puspahiang yang bersifat client server dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic, database SQL ODBC Connector dan XAMPP, diharapkan dapat membantu dalam pengolahan data akademik dan dapat meminimalkan kesalahan dan pekerjaan dalam pengolahan data serta diharapkan dapat membantu kinerja di proses penerimaan calon siswa baru, pembagian kelas dan wali kelas siswa baru dan pengolahan nilai akhir baik dari segi pencarian, pengolahan maupun penyajian laporan. Sehingga SMP Negeri 2 Puspahiang dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara maksimal. Untuk pengembangan sistem informasi yang telah di bangun di SMP Negeri 2 Puspahiang, diharapkan kedepanya program aplikasi ini bisa lebih di kembangkan dengan menambahkan fitur seleksi dalam penerimaan calon siswa baru seiring dengan berkembangnya peraturan baru dalam penerimaan calon siswa baru di SMP Negeri 2 Puspahiang serta diharapkan kedepannya akan ada peneliti lain yang membahas proses akademik yang lain seperti pembuatan jadwal pelajaran dan absensi untuk lebih menyempurnakan sistem informasi akademik yang telah di bangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penerimaan Calon Siswa Baru, Pembagian Kelas dan Wali Kelas, Pengolahan Nilai akhir
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19810

Actions (login required)

View Item View Item