Sistem Informasi Penjualan Dan Pengontrolan Stok Barang Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Studi Kasus Di Bengkel Sukasari Motor

Abidin, Faqih (2011) Sistem Informasi Penjualan Dan Pengontrolan Stok Barang Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Studi Kasus Di Bengkel Sukasari Motor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bengkel Sukasari Motor adalah bengkel yang melakukan transaksi jual beli barang-barang/suku cadang kendaraan bermotor roda dua dari berbagai pabrikan. Di bengkel tersebut semua proses baik penjualan maupun pembelian masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan berbagai masalah, diantaranya adalah pengelola bengkel mengalami kesulitan untuk mengontrol stok barang.br / Karena adanya berbagai masalah yang teridentifikasi, Bengkel Sukasari Motor ingin membangun sebuah sistem informasi untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut. Sistem informasi yang dibangun menggunakan metode EOQ (economic order quantity) sebagai solusi perhitungan statistika untuk menentukan jumlah pesanan dengan biaya seminimal mungkin.br / Pengumpulan data dilakukan dengan metode kajian pustaka, metode wawancara, dan metode observasi. Metode pengembangan sistem dari sistem informasi menggunakan metode waterfall, sedangkan metode aliran data yang dipakai adalah metode terstruktur, yaitu DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan software Borland Delphi 7 dengan media penyimpanan/database MySQL.br / Sistem informasi penjualan dan pengontrolan stok barang menggunakan metode Economic Order Quantity dapat membantu pengelola Bengkel Sukasari Motor untuk pendataan ketersediaan barang, dan menentukan jumlah barang yang harus dipesan ke supplier. Sehingga pembelian dan pengadaan stok barang menjadi efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, pengontrolan stok barang, EOQ, Borland Delphi 7, MySQL.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item