Pembangunan Aplikasi Tata Naskah Berbasis E-Office Di Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Udara

Supriatna Yanuar, Asep (2011) Pembangunan Aplikasi Tata Naskah Berbasis E-Office Di Sekolah Staf Dan Komando Angkatan Udara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Udara. Sebenarnya instansi ini telah memiliki inter-office mail courier system yang merupakan sistem pengiriman surat internal yang lebih dikenal dengan tata naskah (takah). Tapi setelah dilakukan evaluasi ternyata sistem tersebut memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan itu diantaranya: karena masih memerlukan jasa kurir dan notifikasi yang dilakukan secara manual sehingga optimalisasi kinerja staf dapat berkurang. Keterbatasan waktu kerja dan jauhnya letak antar gedung sangat berdampak pada lambatnya tanggapan atau pengambilan keputusan pejabat, sehingga tindak lanjut surat tidak bisa dilakukan dengan cepat. Padahal kecepatan sangat diprioritaskan terutama untuk surat-surat yang mempunyai kategori sangat penting dan darurat.br / Untuk menyelesaikan masalah diatas, maka pihak instansi ingin merubah cara kerja sistem dengan memanfaatkan teknologi. Sehingga masalah jarak, keterbatasan waktu, kurir dan notifikasi tidak lagi mempengaruhi kecepatan distribusi dan responsi. Untuk mewujudkan hal ini maka dibangunlah aplikasi tata naskah berbasis e-office. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi tata naskah ini dapat mengelola pendistribusian surat, pemberian disposisi, konfirmasi pejabat atas tindak lanjut surat, pengarsipan, pengagendaan, penyajian laporan dan mampu memberikan informasi posisi dan status surat (pelacakan).br / Metodologi penelitian perangkat lunak yang dipakai menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk pemodelan datanya menggunakan metode terstruktur yaitu Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menggambarkan model data dan Data Flow Diagram (DFD) untuk menggambarkan model fungsional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, tata naskah, inter-office mail courier system, e-office, distribusi, responsi, disposisi, pengarsipan, pengagendaan, informasi, pelacakan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19960

Actions (login required)

View Item View Item