Perangkat lunak Pengenalan Suara (Voice Recognition) Untuk Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Dynamic Time Warping (DTW)

Rianto, Jeri (2011) Perangkat lunak Pengenalan Suara (Voice Recognition) Untuk Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Dynamic Time Warping (DTW).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang intensif dalam bidang pengolahan sinyal menyebabkanbr / teknologi komunikasi berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah pengenalanbr / suara (voice recognition). Proses pencocokan suara merupakan salah satu fungsibr / dari identifikasi suara. Dimana identifikasi suara dapat menjadi nilai tambahbr / dalam sebuah perintah di komputer, identifikasi suara merupakan cara komunikasibr / natural antara manusia dan dapat menghasilkan antarmuka yang baik untukbr / mengontrol suatu sistem atau aplikasi.br / Dalam proses pengenalan suara untuk absensi karyawan digunakanbr / metode Dynamic Time Warping (DTW), merupakan salah satu metode analisisbr / sinyal suara yang membandingkan antara sinyal masuk berupa suara denganbr / record suara di database dengan menghitung optimal warping path antara duabr / waktu.br / Penelitian ini membahas mengenai pencocokan suara untuk mengenalibr / suara yang diucapkan. Pengujian ini dilakukan berdasarkan 5 pengujian denganbr / kondisi dan pengucapan intonasi yang berbeda-beda. Pengujian 1, 2 dan 3 masingmasingbr / dilakukan dengan cara pengenalan suara pada kondisi suasana sunyi,br / pengenalan suara pada kondisi suara suasana tidak sunyi (ber-noise) danbr / pengenalan suara dengan intonasi panjang yang dilakukan oleh 15 orang yangbr / terdiri dari 10 pria dan 5 wanita, sedangkan pengujian 4 dan 5 masing-masingbr / dilakukan dengan cara pengenalan suara oleh 15 wanita dan pengenalan suarabr / oleh 15 pria.br / Hasil 15 kali pengujian menunjukkan bahwa pengujian 1, 2, 3, 4 dan 5br / dengan jumlah suara yang dikenali dan presentase keakuratan masing-masingbr / sebagai berikut: 14 suara dikenali, 93,3%; 0 suara dikenali, 0%; 5 suara dikenali,br / 33,3%, 9 suara dikenali, 60% dan 11 suara dikenali, 73,3%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengenalan suara (voice recognition), Dynamic Time Warping (DTW), optimal warping path,identifikasi suara, pengolahan sinyal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item