Sistem Informasi Perbaikan Dan Perawatan Mesin Produksi Pada Area Maintenance Surface Treatment PT. Dirgantara Indonesia

Meiman Sutisna, Eka (2012) Sistem Informasi Perbaikan Dan Perawatan Mesin Produksi Pada Area Maintenance Surface Treatment PT. Dirgantara Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Dirgantara Indonesia adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. PT. Dirgantara Indonesia mengemban tugas untuk merancang, menghitung tugas menrancang, menghitung, membangun, menjalankan serta merawat mesin-mesin yang digunakan dalam memproduksi bagian-bagian pesawat baik utuh maupun dalam bentuk suku cadang kecil. Di PT. Dirgantara Indonesia memiliki banyak mesin produksi yang memnunjang proses produksi dalam hal membuat bagian bagian dari komponen pesawat seperti halnya pada area Maintenance Surface Treatment yang memiliki tugas untuk melakukan perawatan serta perbaikan jika terjadi kerusakan pada mesin produksi. Namun ketika kerusakan terjadi para operator mesin produksi mengalami kesulitan dalam melaporkan kerusakan tersebut karena terkendala jarak yang bisa dibilang jauh dan ini mengakibatkan proses produksi terhambat. Serta dalam proses penjadwalan pun mengalami kesulita dalam mencari data tanggal perawatan dari setiap mesin produksinya dan hal ini sangat kurang efektif.Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype dengan menggunakan pendekatan dalam analisis dan perancangan berbasis objek. Pengembangan perangkat lunak yang digunakan dengan menggunakan perangkat lunak pendukung yaitu Netsbeans 6.9 dan menggunakan pengolah basis data MySQL Version 5.5.16. Dari hasil penelitian ini pada akhirnya peneliti akan merancang sistem informasi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan pada area Maintenance Surface Treatment dalam pengolahan data baik dalam pelaporan kerusakan mesin produksi, perawatan rutin, penjadwalan serta pembuatan laporan dari aktivitas perawatan dan perbaikan yang telah dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Perawatan, Perbaikan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20021

Actions (login required)

View Item View Item