Sistem Informasi Pelayanan Tamu Pada Hotel Millenia Cileunyi

Unanti, Cahyangga (2011) Sistem Informasi Pelayanan Tamu Pada Hotel Millenia Cileunyi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hotel Millenia Bandung adalah salah satu hotel melati yang ada di Bandung tepatnya di kecamatan cileunyi, saat ini Hotel Millenia memiliki tingkat hunian yang cukup tinggi mengingat keberadaannya tepat barada di tepi jalan. Namun kaberadaan tersebut tidak didukung oleh suatu sistem yang handal mulai dari pencatatan data reservasi kamar, check in, check out, laundry, serta food and beverage masih berupa manual sehingga data tidak akurat dan memakan waktu yang cukup lama. Data reservasi, check in, check out, laundry dan food and beverage masih disimpan dalam bentuk berkas sehingga sering terjadi kehilangan data atau rusaknya data akibat kelalaian karyawan. Kesulitan dalam pembuatan kwitansi serta laporan karena hanya menggunakan proses manual yaitu mencatat pada kertas atau nota, oleh sebab itu di perlukan suatu sistem informasi yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam pengolahan data tamu pada Hotel Millenia. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif dimana gambaran tentang penelitian selanjutnya akan diambil tindakan untuk membuat suatu sistem informasi pelayanan tamu hotel. Metode prototype digunakan pada penelitian ini agar user dan peneliti dapat melakukan pendekatan mengenai bagaimana suatu program yang akan dirancang sesuai keinginan user. Program ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0 dan database yang digunakan untuk membantu program ini adalah Microsoft SQL Server 2000. Sistem informasi yang dibangun oleh penulis diharapkan dapat digunakan untuk mengolah data yang ada, dimulai pada saat reservasi, check in, laundry, food and beverage sampai proses tamu check out, sehingga dapat mempermudah dalam proses pencarian data, penghitungan biaya keseluruhan dan juga mempermudah dalam proses pembuatan laporan, sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan hotel dan juga meningkatkan mutu pelayanan hotel. Diharapkan pengembangan sistem informasi pelayanan tamu selanjutnya dapat menjadi sistem informasi yang dapat mengolah seluruh laporan keuangan secara detail, menampilkan keseluruhan detail pemakaian fasilitas hotel selama tamu menginap pada kwitansi checkout dan dapat menerima pembayaran uang muka tidak hanya dengan uang tunai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Tamu Hotel, Prototype, Microsoft Visual Basic 6.0
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:58
Last Modified: 16 Nov 2016 07:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20160

Actions (login required)

View Item View Item