Analisis Tingkat Bagi Hasil Dan Suku Bunga (BI Rate) Terhadap Deposito Mudharabah (studi kasus pada PT. Bank Syariah Mega Indonesia Cabang Sukabumi)

Hikmatutammah, Husnul (2011) Analisis Tingkat Bagi Hasil Dan Suku Bunga (BI Rate) Terhadap Deposito Mudharabah (studi kasus pada PT. Bank Syariah Mega Indonesia Cabang Sukabumi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prinsip bagi hasil merupakan karakteristik umum dan landasan dasar bagi bagi operasional bank islam secara keseluruhan. Secara syariah, prinsipnya berdasarkan kaidah al-mudharabah. Berdasarkan prinsip ini, bank islam akan berfungsi sebagai mitra baik dengan penabung, maupun dengan pengusaha yang meminjam dana.br / suku bunga terjadi berdasarkan kekuatan permintaan dana (tabungan) dipasar uang. Timbulnya penawaran dana disebabkan adanya masyarakat yang kelebihan pendapatan untuk dikonsumsi sehingga mereka berhasrat untuk menabung.br / Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh dari Tingkat bagi hasil dan Suku bunga dan Deposito Mudharabah PT. Bank Syariah Mega Indonesia secara simultan dan parsial.br / Data yang digunakan diperoleh dari laporan publikasi triwulan periode tahun 2006-2010 dari PT. Bank Syariah Mega Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dan Verifikatif. Metode statistik untuk melakukan pengujian hipotesis digunakan uji regresi berganda. Uji hipotesis dilakukan pada tingkat signifikansi 5% dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik regresi.br / Pada tingkat signifikansi 5% atau #945; = 0,05, hasil penelitian membuktikan bahwa Tingkat bagi hasil dan Suku bunga secara simultan berpengaruh terhadap Deposito Mudharabah PT. Bank Syariah Mega Indonesia (Fhitung = 23,604 Ftabel = 3,592). Hasil penghitungan koefisien determinasi sebesar 73,5% yang berarti bahwa Tingkat bagi hasil dan Suku bunga memiliki pengaruh sebesar 73,5% terhadap Deposito Mudharabah PT. Bank Syariah Mega Indonesia sedangkan 26,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Tingkat bagi hasil secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Deposito Mudharabah PT. Bank Syariah Mega Indonesia (-ttabel =- 2,110 thitung = -0,751 ttabel = 2,110), sedangkan Suku bunga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Deposito Mudharabah PT. Bank Syariah Mega Indonesia negatif ttabel (thitung = -3,876 -ttabel =- 2,110).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat Bagi Hasil, Suku Bunga, Deposito Mudharabah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20283

Actions (login required)

View Item View Item