Aplikasi Tracking Using Software Licensed System Dan Helpdesk System Serta Pengintegrasiannya Terhadap EFS (Enterprise Factory System)

Made Wiratama, I (2011) Aplikasi Tracking Using Software Licensed System Dan Helpdesk System Serta Pengintegrasiannya Terhadap EFS (Enterprise Factory System).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Pupuk Kujang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara,br / dimana aktivitas bisnisnya terbilang kompleks. Sehingga membutuhkan sebuahbr / sistem informasi yang terintegrasi penuh yang dapat mendukung aktivitas bisnis.br / Salah satu software yang merupakan bagian dari sistem informasi yangbr / mendukung aktivitas bisnis PT Pupuk Kujang adalah dengan penggunaanbr / software berlisensi. Namun, penggunaan software berlisensi ini pun tidakbr / sembarangan. Artinya selalu ada audit secara berkala dari pihak vendor.br / Masalahnya adalah terkadang terjadi penyalahgunaan software berlisensi olehbr / beberapa komputer client yang ada di PT Pupuk Kujang. Misal, terjadinyabr / penyalahgunaan jumlah lisensi, dan terjadinya penggunaan software bajakan.br / Selain masalah tersebut, ada masalah lain terkait di bidang teknologi informasi dibr / lingkungan PT Pupuk Kujang. Yaitu sedikitnya staf technical support di Biro TIbr / PT Pupuk Kujang. Ini terkadang menyebabkan terjadinya kelambatanbr / penyelesaian masalah internal teknologi informasi di PT Pupuk Kujang. Sehinggabr / penulis melakukan penelitian terkait semua masalah ini dengan tujuan untukbr / membangun aplikasi Auditing Software Licensed dan Helpdesk yangbr / diintegrasikan ke dalam Enterprise Factory System. Diharapkan sistem auditbr / software yang dibangun penulis bisa bermanfaat untuk pelacakan ataubr / pengidentifikasian awal pnggunaan software berlisensi sebelum dilakukannyabr / audit ulang oleh pihak vendor. Selain itu, sistem audit software berlisensi yangbr / dibangun penulis bisa digunakan untuk pendukung keputusan akan jenis danbr / jumlah software licensed yang lebih dibutuhkan PT Pupuk Kujang. Sedangkanbr / untuk Helpdesk System diharapkan bisa mengefisiensikan penanganan masalahbr / teknis di bidang teknologi informasi di PT Pupuk Kujang.br / Dalam pengumpulan data untuk penelitian ini, penulis menggunakanbr / metode observasi berhubung tidak terdapatnya dokumentasi sama sekali terkaitbr / kedua masalah ini. Sedangkan metode pengembangan sistem yaitu dengan modelbr / prototipe. Adapun perangkat lunak yang mendukung terimplementasinya sistembr / yang dibangun penulis ini, utamanya membutuhkan Java Virtual Machine (JVM),br / dan untuk perangkat lunak lainnya seperti Oracle sebagai aplikasi basisdata, danbr / Apache Tomcat untuk aplikasi web server.br / Hasil dari pembangunan kedua sistem ini yaitu, PT Pupuk Kujang punbr / kini memiliki dokumentasi pribadi terkait masalah penggunaan software licensed,br / dan penanganan masalah teknis teknologi informasi menjadi lebih efisien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: auditing, tracking, software, licensed, helpdesk
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item