Visualisasi tubuh wanita dalam poster iklan minuman Abisnthe era revolusi industri di Perancis (Studi kasus : poster Absnthe Robette 1896, J.Edouard Pernot 1896, Rose Oxygence 1898, Ducros 1901, dan Parisienne 948)

Insani S, Nurul (2012) Visualisasi tubuh wanita dalam poster iklan minuman Abisnthe era revolusi industri di Perancis (Studi kasus : poster Absnthe Robette 1896, J.Edouard Pernot 1896, Rose Oxygence 1898, Ducros 1901, dan Parisienne 948).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini difokuskan dalam meneliti visualisasi tubuh wanita dalam poster iklan minuman Absinthe era Revolusi Industri di Perancis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada saat Revolusi Industri visualisasi pada poster lebih didominasi oleh figur wanita dari pada figur pria. Pada poster iklan yang didominasi oleh figur wanita tersebut, wanita dieskploitasi dengan kecantikan fisik mereka untuk menarik perhatian khalayak. Sehingga didalam masyarakat berkembang dan disepakati secara tidak tertulis tentang kriteria wanita cantik. Warna kulit, postur tubuh dan gestur adalah komponen kriteria diantaranya.Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa pada saat Revolusi Industri di Perancis struktur sosial masyarakat dipengaruhi oleh sistem patriarkal dan matriarkal. Dan diyakini bahwa kriteria wanita cantik tersebut merupakan sistem masyarakat patriarki sebagai upaya untuk mengontrol wanita dengan mengeksploitasi tubuh mereka. Sehingga, visualisasi tubuh wanita dalam Poster iklan minuman Absinthe pun banyak dipengaruhi oleh realitas sosial pada saat itu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Visualisasi Tubuh Wanita, Kriteria Wanita Cantik, Eksploitasi Wanita, Struktur Sosial
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item