Implementasi Anfis Untuk Pendiagnosisaan Awal Pada Penykit Paru Di Unit Pendaftaran RSP DR. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor

Faisal Hadi Putra, Muhammad (2016) Implementasi Anfis Untuk Pendiagnosisaan Awal Pada Penykit Paru Di Unit Pendaftaran RSP DR. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Diagnosa awal adalah proses yang berguna bagi dokter khususnya dokter spesialis paru sebagai bahan informasi untuk memberikan tindakan lebih lanjut,yang disertai dengan pemeriksaan penunjang lainnya seperti laboratorium,radiologi dan mantoux. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, terlihat permasalahan yang muncul yaitu tidak adanya proses diagnosa awal pada pasien serta pencatatan diagnosa tersebut saat pendaftaran dilakukan, padahal diagnosa awal tersebut diperlukan oleh dokter sebagai bahan informasi untuk pemeriksaan ataupun tindakan yang lebih lanjut. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dilakukan pembangunan sistem pendiagnosaan awal pada penyakit paru di Unit pendaftaran RSP Dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor menggunakan Dalam melakukan proses analisis, terdapat dua variabel yang menentukan hasil dari pendiagnosaan awal pada penyakit paru ini, yaitu variabel gejala dan variabel merokok. Variabel gejala terdiri dari 13 gejala yaitu, badan lemah, batuk berdarah, demam, batuk berdahak, nyeri dada, sakit tenggorokan, sesak napas, batuk kering, mual, nafsu makan kurang, hidung mampat, sakit kepala, dan nyeri perut. Sedangkan pada variabel merokok terdapat 3 kategori yaitu tidak merokok, jarang merokok, dan sering merokok. Berdasarkan hasil pengujian kasus 1 dan kasus 2 menggunakan metode confusion matrix, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System dapat menghasilkan hasil diagnosa awal dengan akurasi terbesar yaitu 93,33%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: diagnosa awal, dokter, ANFIS, gejala, penyakit paru, merokok
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item