Perancangan ilustrasi backdrop panggung kesenian Topeng Dalang : (studi kasus kelompok kesenian Topeng Dalang Sinar Kemala Desa Paberresan Kabupaten Sumenep Madura)

Wahyudi, Ilham (2012) Perancangan ilustrasi backdrop panggung kesenian Topeng Dalang : (studi kasus kelompok kesenian Topeng Dalang Sinar Kemala Desa Paberresan Kabupaten Sumenep Madura). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Madura merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan seni budaya tradisional. Salah satunya adalah seni pertunjukan Topeng Dalang Madura yang merupakan bentuk seni pertunjukan terpadu, yang memadukan berbagai macam unsur, antara lain ada unsur teater, tari, musik dan seni rupa.Kesenian ini merupakan kesenian rakyat yang paling populer dan klasik di Madura pada era tahun 80-an hingga 90-an. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin berkembang, keberadaan kesenian ini mulai jarang ditampilkan dan para penggemarnya pun mulai banyak yang meninggalkannya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwasanya kesenian tradisional ini sudah ketinggalan zaman serta kurang beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang berkembang saat ini. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidaksesuain Backdrop atau layar dekorasi panggung yang ada dengan setting alur cerita yang disajikan dalam setiap adegan dan pembabakannya sehingga tidak jarang hal ini membuat jenuh para penonton yang menikmatinya.Oleh karena itu, perlu adanya usaha transformasi (perubahan bentuk) dan revitalisasi (merancang kembali) terhadap Backdrop atau layar dekorasi panggung yang ada agar nantinya mendapat apresiasi kembali dari masyarakat Sumenep khususnya dan masyarakat Madura pada umumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Backdrop, Panggung, Kesenian, Topeng, Topeng Dalang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item View Item