Pembangunan Aplikasi Multimedia Simulasi K3 (Kebersihan, Kesehatan, Dan keamanan) Untuk Anak Usia Dini Dengan RGB Wheel Tracker Dan Augmented Reality

Iqbal Muhyiddin, Muhammad (2016) Pembangunan Aplikasi Multimedia Simulasi K3 (Kebersihan, Kesehatan, Dan keamanan) Untuk Anak Usia Dini Dengan RGB Wheel Tracker Dan Augmented Reality.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebersihan, kesehatan dan keamanan (K3) adalah subtema dari tema kebutuhanku dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Raudhatul Athfal. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran K3 adalah kebersihan diri, dan lingkungan, kesahatan diri (anggota tubuh, cara merawat diri, dan menjaga lingkungan) serta kemanan dari benda-benda berbahaya seperti pisau, listrik dan racun. Aplikasi Multimedia Simulasi K3 merupakan aplikasi yang dibangun dengan metode pembangunan aplikasi menurut Luther ��Sutopo. Penyampaian materi dalam aplikasi digunakan metode pembelajaran interaktif yang terdiri dari simulasi dan permainan. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pada guru dalam penyampaian materi K3. Dalam aplikasi ini terdapat fitur kendali jarak jauh dengan menggunakan Algoritma RGB Wheel Tracker dan fitur Augmented Reality menggunakan FLARToolkit. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Multimedia Simulasi K3 dapat memberi kemudahan kepada pengajar untuk mensimulasikan kegiatan K3 pada anak, dapat memberikan kemudahan kepada murid saat mempelajari K3 dengan aman dan menarik, dan dapat diimplementasikan di RA Al-Kautsar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: K3, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Anak Usa Dini, Multimedia, Simulasi, RGB Wheel Tracker, Augmented Reality.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item View Item