Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Tekbik Pemesinan Bubut Untuk SMK (Studi kasus SMK Prakarya Internasional Bandung)

Izzy Khalam, Mochammad (2016) Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Tekbik Pemesinan Bubut Untuk SMK (Studi kasus SMK Prakarya Internasional Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Prakarya Internasional Bandung memiliki beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Toto Sukmanto M.pd sebagai guru teknik pemesinan bubut menyatakan bahwa di SMK Prakarya Internasional Bandung mempunyai 1 buah bengkel dan 1 buah laboratorium komputer untuk jurusan teknik pemesinan, namun fasilitas yang ada di bengkel teknik pemesinan bubut kurang lengkap karena mahalnya alat-alat yang diperlukan untuk kegiatan praktek siswa, selain itu alat-alat peraga yang masih sangat terbatas dan pada saat melakukan praktek ini siswa saling bergantian untuk melakukan kegiatan praktek, tidak dilakukan serentak bersama-sama karena alat peraga yang kurang memadai. Waktu yang tersedia juga terbatas dan setiap kegiatan praktek dibagi menjadi dua sesi. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah media pembelajaran interaktif untuk matapelajaran teknik pemesinan bubut untuk SMK dengan tujuan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan cara teori, simulasi, dan evaluasi. Dan sebagai alat bantu pembelajaran siswa sebelum melakukan kegiatan praktek dibengkel. Metode yang digunakan untuk pembuatan media ini adalah waterfall dengan pendekatan terstruktur dan menggunakan tools Data Flow Diagram (DFD). Pengujian sistem yang dilakukan yaitu pengujian black-box. Berdasarkan hasil pengujian yang terdiri dari pengujian black-box dan beta, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut Untuk kelas XI SMK menggunakan simulasi ini dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran teknik pemesinan bubut. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Teknik Pemesinan Bubut, Terstruktur

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teknik Pemesinan Bubut, Terstruktur
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item