Pengaruh kepercayaan merek dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen (pada handphone merek Nexian di Dago Phone Cell Be Mall Bandung)

Rahmat Sudrajat, Deden (2012) Pengaruh kepercayaan merek dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen (pada handphone merek Nexian di Dago Phone Cell Be Mall Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan zaman menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang ada di seluruh dunia. Dengan bertambahnya jumlah produk dan pesaing berarti tidak kekurangan barang, namun kekurangan konsumen. Ini membuat konsumen menjadi raja, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan informasi. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi telekomunikasi tidak hanya menjadi instrumen peningkatan efektifitas dan efisiensi bisnis tetapi juga telah menjadi area bisnis yang menggiurkan. Era teknologi telekomunikasi telah melanda sendi-sendi kehidupan manusia, dimana penggunaan teknologi telekomunikasi dalam membantu serta meringankan pekerjaan sangat dibutuhkan. Era teknologi telekomunikasi menjadi area bisnis yang banyak diperebutkan pelaku usaha karena potensi luar biasa yang dikandungnya. Salah satu produk teknologi telekomunikasi yang saat ini dipasarkan adalah handphone.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen kepercayaan merek dan sikap konsumen yang melakukan pembelian terhadap handphone merek nexian di Dago Phone Cell Be Mall Bandung. Serta untuk seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Dago Phone Cell Be Mall Bandung, dengan jumlah populasi yang berjumlah 2563 dan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 16.0 for windows.Berdasarkan tabel di atas, diperoleh informasi bahwa nilai persentase yang diperoleh untuk variabel kepercayaan merk adalah sebesar 77,5%, hal ini dipengaruhi oleh rata-rata jawaban yang menilai baik setiap indikator. Nilai sebesar 77,5% berada diantara rentang interval 68-84%. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum pengunjung Dago Phone Cell Be Mall Bandung memiliki tingkat kepercayaan merek yang tinggi. Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa nilai persentase yang diperoleh variabel sikap adalah sebesar 78,7%, hal ini menandakan bahwa kecenderungan responden yang akan membeli produk Nexian memiliki sikap yang baik. Selain itu dipengaruhi juga oleh responden yang memiliki pengetahuan yang tinggi, memiliki minat untuk menggunakan produk dan merasa senang dengan produk Nexian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa para pengunjung yang melakukan pembelian handphone merek Nexian memiliki sikap yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Merek, Sikap Konsumen dan Keputusan Pembelian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item