Analisis SWOT sebagai alat formulasi strategi bisnis dalam peningkatan usaha pada Unit Usaha Susu Sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung

Busaris Harja, Panji (2012) Analisis SWOT sebagai alat formulasi strategi bisnis dalam peningkatan usaha pada Unit Usaha Susu Sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada unit usaha susu sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung, fenomena yang terjadi adalah persaingan global saat ini membuat permasalahan menjadi kompleks karena adanya persaingan, perubahan, dan ketidakpastian serta perkembangan teknologi. Hal ini semakin memaksa unit usaha susu sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung untuk lebih memperhatikan kekuatan dan kelemahan unit usaha susu sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung itu sendiri. Serta memanfaatkan peluang dan menghindari atau meminimalkan ancaman yang ada. Hal ini dilakukan agar unit usaha susu sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung mengetahui strategi seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS) sehingga menghasilkan strategi bisnis yang tepat dalam rangka peningkatan usaha susu sapi pada KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasinya adalah situasi sosial yang meliputi aspek tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (activity) unit usaha susu sapi KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, sedangkan sampelnya adalah narasumber atau partisipan, informan, teman dan guru dalam penelitian. Proses pengambilan sampelnya dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling.Hasil penelitiannya sendiri adalah dengan dilakukannya identifikasi faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS), selanjutnya perankingan faktor internal dan eksternal, dan menghasilkan suatu angka pada pembobotan, dihasilkanlah suatu strategi bisnis yang tepat dalam kuadran diagram analisis SWOT yaitu strategi defensive yang berarti meminimalkan kelemahan untuk mengatasi ancaman. Strategi jangka pendeknya adalah bekerja keras meningkatkan kualitas dan jumlah produksi susu sapi, pendistribusian susu sapi secara efektif dan efisien, meningkatkan disiplin, motivasi, dan produktivitas kerja karyawan dan semua pihak yang ada didalam KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung, serta membangkitkan kepercayaan diri karyawan dan mempertegas rasa memiliki terhadap KUD. Jangka panjangnya membuat aturan yang jelas dan tegas dalam hal peminjaman uang dengan sosialisasi terus menerus, menambah wawasan dengan membaca, bertukar pikiran, melakukan kerja sama dengan dinas peternakan, fakultas peternakan universitas terkemuka dalam rangka peningkatan produksi susu dan kualitasnya serta pengembangan produk yang variatif yang dihasilkan dari bahan baku susu sapi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Bisnis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item