Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Dan Implikasinya Pada Nilai Perusahaan (studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Fikriyantie, Dewi (2016) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Dan Implikasinya Pada Nilai Perusahaan (studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Lembaga Pembiayaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengelolaan Intellectual capital yang maksimal dapat menjadi faktor utama yang menentukan besarnya kinerja keuangan yang dihasilkan perusahaan, dimana hal tersebut dapat berakibat terhadap nilai perusahaan. industri pembiayaan yang sudah lama berkembang di Indonesia merupaan salah satu industri yang banyak menarik minat investor. Pengelolaan Intellectual capital pada industri ini menjadi menarik untuk diteliti. Dimana muncul kondisi ketika Intellectual capital perusahaan mengalami penurunan, namun kinerja keuangan justru mengalami kenaikan. Kenaikan kinerja keuangan tersebut tidak memicu peningkatan nilai perusahaan. Berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan dan Implikasinya pada Nilai Perusahaan. Populasi yg digunakan dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan sub sektor lembaga pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan beberapa kriteria yang ditentukan. Berdasarkan teknik sampling tersebut diperoleh sample sebanyak 40 laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Intellectual Capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dan kinerja keuangan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20390

Actions (login required)

View Item View Item