Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Bebas Terhadap Dividen Kas (studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013)

Lestari, Mira (2016) Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Bebas Terhadap Dividen Kas (studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu keputusan perusahaan dalam hal pembayaran dividennya, terutama dividen dalam bentuk kas. Laba bersih dan tersedianya kas perusahaan menjadi faktor utama yang menentukan besarnya dividen yang dibagikan. Namun masalah yang terjadi pada perusahaan sektor pertambangan adalah disaat perusahaan mengalamai kenaikan laba bersih dan arus kas bebas, dividen kas yang dibagikan perusahaan justru mengalami penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh laba bersih dan arus kas bebas terhadap dividen kas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek indonesia (BEI) periode tahun 2008-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2008-2013 sebanyak 39 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan yang telah di audit serta membagikan dividen kas secara berturut-turut selama periode pengamatan. Berdasarkan teknik sampling tersebut diperoleh sample sebanyak 30 laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa laba bersih dan arus kas bebas berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laba Bersih, Arus Kas Bebas, Dividen Kas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item View Item